Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Jenis-Jenis Lensa Kontak Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau kamu suka menggunakan lensa kontak, atau kamu baru mau menggunakan dan sedang mencari tahu mengenai lensa kontak, simak informasi ini mengenai jenis-jenis lensa kontak yang perlu kamu ketahui

Yenni Octavia

Kalau kamu suka menggunakan lensa kontak, atau kamu baru mau menggunakan dan sedang mencari tahu mengenai lensa kontak, simak informasi mengenai jenis-jenis lensa kontak yang perlu kamu ketahui:

Hard Contact Lens

Ini adalah kontak lensa yang sudah jarang digunakan. Kontak lensa jaman sekarang sudah bermacam-macam jenisnya dan sudah lebih ramah dengan mata. Hard Contact Lens adalah kontak lensa yang, seperti namanya, lebih kaku. Saat ini, hanya orang dengan kondisi mata tertentu saja yang menggunakan kontak lensa ini. Selain itu, kontak lensa ini juga dapat digunakan selama lima sampai sepuluh tahun, tetapi sangat susah dibiasakan di mata kita.

Daily Wear Soft Contact Lens

Kontak lensa ini dibuat dari plastik polimer yang lebih lembut. Lensa ini, tidak seperti Hard Contact Lens, bisa membiarkan angin lewat melalui kornea, dan memberikan kenyamanan pada mata karena sangat gampang bagi mata kamu untuk membiasakan diri. Karena diciptakan untuk pemakaian harian, lensa ini dapat dipakai seharian tanpa diganti, tetapi masa pemakaiannya lebih singkat.

Extended Wear Lenses

Seperti namanya, lensa ini dibuat dengan perpanjangan fungsi. Tak hanya menemani kamu ketika beraktivitas, tapi juga menemani kamu ketika tidur. Lensa jenis ini adalah jenis lensa yang paling aman dibawa tidur dan dapat digunakan tanpa dilepas selama rata-rata 7 hari. Biasanya lensa seperti ini memiliki label “Night & Day” pada kemasannya. Lensa ini pada dasarnya seperti kontak lensa sehari-hari yang fungsinya diperpanjang. Jadi bahannya juga hanya dari plastik polimer tapi dengan spesifikasi yang lebih bagus untuk menunjang pemakaian ketika tidur.

Disposable Lenses

Lensa yang ini adalah lensa yang didesain untuk pemakaian sampai waktu tertentu kemudian akan berakhir di tempat sampah setelah selesai digunakan. Jenis lensa ini akrab disebut lensa sekali pakai. Jadi hanya untuk pemakaian dalam sekali waktu. Jadwalnya beragam, mulai dari satu hari, hingga 3 bulan. Pada lensa sekali pakai ini ada yang daily danextended juga. Bedanya, meski yang extended tetap dapat dipakai untuk malam hari, sebelum beranjak tidur kamu tetap perlu membersihkannya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, lensa mana yang kira-kira cocok untuk kamu berdasarkan tingkat kemalasan dan kerajinan kamu membersihkan lensa? Klik di sini untuk mengetahui Cara Merawat Lensa Kontak yang Baik dan Benar.

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy