Foto Hindari 4 Kesalahan yang Membuat Saladmu Menjadi Tidak Sehat!

Hindari 4 Kesalahan yang Membuat Saladmu Menjadi Tidak Sehat!

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Salad memang sedap dan bergizi. Tapi 4 kesalahan ini bisa bikin salad malah membuat pola hidup sehatmu jadi kacau !

Kamu suka makan salad?

Salad memang menjadi salah satu hidangan bergizi yang bisa mendukung pola hidup sehatmu. Ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, konsumsi salad akan mencukupi kebutuhan serat dan vitamin bagi tubuhmu setiap hari.

Sayangnya, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membuat salad sehingga menyebabkan kandungan gizi dalam salad malah menjadi kurang sehat.

Agar salad buatanmu tetap sehat dan lezat, kamu tentu harus menghindari 4 hal ini ketika membuat salad:

Tips Salad Sehat

1. Salad dengan Protein Berlebih atau Kurang

Salad memang identik dengan bahan dasar berupa sayuran. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan bahan makanan kaya protein ke dalam salad buatanmu. Untuk mencukupi asupan protein dalam salad, penambahan aneka jenis kacang, udang rebus atau dada ayam tanpa kulit juga bisa kamu gunakan. Selain membuat salad jadi kaya akan protein, menambahkan bahan-bahan tersebut juga bisa memperkaya tekstur salad.

Namun jangan sampai kamu berlebihan dalam menambahkan bahan makanan kaya protein ya, ladies. Usahakan untuk tidak menambahkan jenis daging yang digoreng, diasap atau bahan protein siap saji yang dikemas dalam kaleng.

Tips Salad Sehat

2. Sayuran Salad yang Membosankan

Siapa bilang salad identik dengan sayuran yang membosankan?

Kalau kamu mulai bosan dengan saladmu yang hanya terdiri dari iceberg lettuce, berarti ini saatnya kamu mulai berkreasi dengan aneka jenis sayur lainnya. Banyak sekali lho jenis sayur yang bisa kamu gunakan untuk salad. Mulai dari brokoli, kol ungu, parutan wortel, bawang bombay, paprika dan aneka sayuran lainnya.

Salad jadi menarik dan kaya gizi, tampilan sayur yang beranekaragam juga membuat salad jadi makin menggugah selera.

Tips Salad Sehat - Hindari Dressing berlebihan

3. Katakan Selamat Tinggal dengan Dressing yang Kaya Lemak

Dressing adalah bahan saus yang digunakan untuk melengkapi hidangan salad. Mulai sekarang kamu harus mengatakan selamat tinggal pada dressing yang kaya lemak seperti mayonnaise, thousand island atau hollandaise sauce. Sebab dressing lezat nan kaya lemak itu hanya akan membuat pola hidup sehatmu berantakan.

Mulailah beralih menggunakan dressing yang lebih simpel dan sehat seperti olive oil, air perasan jeruk lemon atau balsamic vinegar. Dressing lezat yang kaya citarasa juga bisa diperoleh dengan menambahkan aneka rempah misalnya daun basil, daun mint, daun ketumbar, bawang putih yang ditumis hingga harum dan aneka rempah lainnya sesuai seleramu. Pastikan kamu menggunakan dressing sehat dengan jumlah tidak lebih dari 5 sendok makan supaya kandungan gizi saladmu tetap sehat, ya.

Tips Salad Sehat - Kurangi Croutons dan Keju

4. Kurangi Penambahan Croutons dan Keju

Croutons (roti tawar yang dikeringkan dalam bentuk potongan kecil) dan keju memang menjadikan salad buatanmu makin sedap. Namun kamu harus tetap waspada karena croutons dan keju ternyata memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Sesekali menyantap salad dengan croutons dan keju sebenarnya tidak masalah, tapi cobalah membatasi jumlahnya ya supaya asupan kalori yang masuk ke tubuhmu jadi tidak berlebihan.


Wah, sekarang kamu pasti makin terampil membuat salad sehat setelah memahami 4 hal yang harus dihindari saat membuat salad. Tinggal menyiapkan bahan-bahan yang simpel dan mudah didapat, salad istimewa kreasi sendiri segera siap untuk disantap. So Yummy!

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini