Foto Apa Itu SPF? Yuk Kenali Lebih Jelas Agar Tidak Salah Pilih!

Apa Itu SPF? Yuk Kenali Lebih Jelas Agar Tidak Salah Pilih!

Apa sih SPF itu? Siapa yang sangka bahwa ternyata SPF 15 atau SPF 50 sebenarnya memiliki tingkat proteksi yang tidak jauh berbeda! Lalu bagaimana cara menentukan mana SPF yang sebaiknnya digunakan?

Apa kamu suka membeli sunscreen, handbody atau face cream yang berlabelkan SPF di kemasannya? Pastinya kamu pernah menjumpai label SPF pada produk kecantikanmu, tetapi apa kamu tahu apa sebenarnya SPF itu sendiri dan apa kegunaan SPF sebenarnya? 

Apa itu SPF?

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yang merupakan ukuran seberapa baik suatu produk (sunscreen) dapat melindungi kulitmu dari sinar UVB (radiasi yang bisa menyebabkan sunburn dan menyebabkan kanker kulit). SPF sendiri biasanya memiliki angka labeling masing-masing, seperti SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan sebagainya.

BACA JUGA: Perbedaan Sunblock dan Suncreen yang Perlu Kamu Ketahui!

Apakah perbedaan dari angka pada label SPF?

Kegunaan SPF sendiri adalah untuk melindungi kulit dari sinar UVB dan angka pada labeling SPF mengacu pada berapa lama sunscreen tersebut dapat melindungi kulitmu. Untuk ini, kamu bisa mengukur waktu tersebut dengan cara, mengalikan waktu sampai terkena sunburn dengan angka pada SPF nya. 

Jadi, jika tanpa menggunakan SPF kulitmu terkena sunburn dalam kisaran waktu 10 menit saat terpapar matahari, maka dengan menggunakan SPF 15 kamu akan bisa terpapar matahari tanpa terkena sunburn dengan sekitaran waktu 150 menit atau 15 kali lebih lama. 

Selain itu angka di belakang SPF tersebut juga membedakan seberapa besar sunscreen tersebut dapat melindungimu dari sinar UVB, walaupun satu sama lain sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh. 

  • SPF 15 dapat menahan sampai 93% dari sinar UVB
  • SPF 30 dapat menahan sampai 97% dari sinar UVB
  • SPF 50 dapat menahan sampai 98% dari sinar UVB

Karena perbedaannya yang tidak terlalu signifikan, banyak ahli yang menyarankan untuk menggunakan SPF 15 atau SPF 30 dengan pemakaian yang sesuai. Biasanya kebanyakan dari kita hanya menggunakan suncreen secara tipis (sekitar ¼ atau ½ dari jumlah yang diperlukan), hal ini yang menyebabkan sunscreen tidak bekerja secara maksimal dalam melindungi kulit. Untuk terbaiknya, SPF sebaiknya digunakan sekitar 2mg/cm2 pada kulit atau sekitar satu ons untuk seluruh tubuh dan diaplikasikan secara berulang setiap 2 jam sekali.

Kenapa tidak menggunakan SPF yang lebih tinggi?

Sunscreen dengan SPF yang tinggi seperti SPF 75 atau SPF 100, sebenarnya tidak menawarkan perlindungan yang jauh berbeda dari SPF 30 atau SPF 50. Hal ini yang terkadang membuat kita salah paham akan kegunaan SPF sebenarnya. Karena walaupun menggunakan SPF yang tinggi, tidak disarankan untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari terlalu lama.

BACA JUGA: Gadis Ini Kehilangan Nyawanya Akibat Terlalu Sering Berjemur

Selain perlindungan yang tidak jauh berbeda, biasanya kandungan SPF yang tinggi hanya menawarkan perlindungan dari sinar UVB dan terkadang melewatkan perlindungan untuk sinar UVA. Padahal sinar UVA (pemicu penuaan pada kulit) juga sama berbahayanya dengan sinar UVB jika terpapar terlalu lama. Oleh karena itu ada baiknya jika sunscreen yang kamu pilih juga menawarkan perlindungan dari sinar UVA (setidaknya 1/3 dari perlindungan terhadap sinar UVB).


Jadi girlssunscreen dengan SPF yang tinggi bukan berarti melindungi agar kulitmu tetap putih setelah terkena sinar matahari lho! 

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2018 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini