Foto Perbedaan Sunblock dan Suncreen yang Perlu Kamu Ketahui!

Perbedaan Sunblock dan Suncreen yang Perlu Kamu Ketahui!

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Padahal kedua benda ini memiliki manfaat yang berbeda meski terlihat sama, yuk kenali perbedaannya!

Apakah kamu termasuk orang yang sering melakukan banyak aktivitas di luar ruangan hampir setiap hari?

Jika iya, berarti ini saat yang tepat bagi ladies untuk mengenal produk sunscreen dan sunblock secara mendalam.

"Lho, memangnya sunscreen dan sunblock itu berbeda ya?"

Ini dia hal yang masih tidak diketahui banyak orang. Sunscreen dan sunblock memang sama-sama merupakan produk kosmetik yang berfungsi untuk meminimalkan efek buruk sinar matahari bagi kulitmu. Akan tetapi selama ini sunscreen dan sunblock sering diartikan sebaga dua istilah yang berbeda untuk menyebutkan satu jenis produk pelindung kulit yang sama. Padahal anggapan ini sangat keliru lho, ladies. Karena sunscreen dan sunblock adalah 2 jenis produk yang berbeda.

Sebenarnya apa perbedaan antara sunscreen dan sunblock?

Tentang Sunscreen yang Berfungsi Sebagai Filter

Penggunaan sunscreen yang juga dikenal dengan istilah tabir surya bisa dianalogikan sebagai filter yang menyaring paparan sinar ultraviolet terhadap kulitmu. Produk sunscreen biasanya mengandung SPF (Sun Protector Factor) dengan persentase yang bervariasi. Semakin tinggi nilai SPF, maka tingkat perlindungannya terhadap paparan sinar ultraviolet akan semakin baik, terutama bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Akan tetapi sunscreen yang terdiri dari SPF biasanya hanya berfungsi untuk memfilter paparan sinar UV B saja, sementara sinar UV A yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini belum dapat diatasi oleh sunscreen. Butuh tambahan kandungan bahan lainnya untuk menyempurnakan kandungan sunscreen bagi perlindungan kulit.

Meskipun berfungsi sebagai filter, tetap ada kemungkinan kulit kamu terpengaruh oleh sinar ultraviolet, namun dengan presentase yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan sunscreen. So, kebayang dong seberapa besar pengaruhnya jika kamu tidak menggunakan sunscreen

BACA JUGA: Masih Males Pakai Sunscreen? Duh, Cek Deh Manfaatnya!

Mengenal Kandungan dan Manfaat Sunblock

Sunblock terdiri dari komposisi mineral aktif seperti seng oksida atau titanium dioksida. Kedua jenis mineral ini terbukti ampuh untuk menangkal pengaruh negatif sinar UV A dan UV B yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Sunblock memiliki kandungan alami yang tersusun dari mineral aktif yang akan bekerja pada permukaan kulit dan fungsi untuk “membelokkan” paparan sinar matahari agar tidak langsung mengenai kulit.

Mana yang Lebih Baik, Sunscreen atau Sunblock?

Penggunaan bahan-bahan tertentu dalam pembuatan sunscreen berpotensi menimbulkan iritasi kulit. Menurut Dr. Cathleen London, asisten profesor kedokteran di Weill Cornell Medical College, penggunaan sunscreen bisa memicu timbulnya radikal bebas yang merusak kulit jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Solusi terbaik untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan kulit bisa diperoleh dari sunblock karena kandungan bahan-bahan mineral aktif yang tidak memberikan efek samping bagi kondisi kulit yang sensitif.

Selain itu, kini ada pilihan sunblock berbahan alami lainnya dengan tambahan ekstrak tomat yang kaya akan likopen dan antioksidan. Kandungan likopen dan antioksidan dalam tomat terbukti ampuh menjaga kesehatan dan kelembapan kulit secara alami.

BACA JUGA: Ini Dia Kandungan Tomat yang Bikin Lebih Putih!

So, Mulailah lebih teliti dalam memilih dan menentukan produk sunscreen atau sunblock yang sesuai dengan kulit cantikmu, ya! Pilihlah produk kosmetik yang tidak hanya baik untuk kecantikanmu, tapi juga untuk kesehatanmu. 

Happy Sunscreen Day Ladies!! 

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini