Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Dua Hal Sepele yang Membuat Kulit Cepat Menua

Usiamu masih terbilang muda, namun sudah punya beberapa kerutan di wajah dan leher? Bisa jadi, ini bukan masalah ketidakcocokan terhadap skin care ataupun make up loh Kawaii Ladies...

Meylisa Agustina

Seiring bertambahnya usia, pasti jumlah kerutan di kulit semakin bertambah. Tapi... Masih muda kok sudah punya kerutan di wajah dan sekitar leher ya?

Dilansir dari wawancara kepada Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Heru Nugraha di Kompas.com, ia menyatakan bahwa ternyata ada dua hal yang sering dianggap sepele, namun ternyata berpengaruh pada bertambahnya kerutan di wajah. 

Sering Mengernyitkan Dahi

Dr. Heru dari Bamed Skin Care menyatakan, orang yang sering mengeryitkan dahi saat berpikir, akan lebih mudah membentuk garis kerut di daerah dahi.

Saat mengeryitkan dahi, otot wajah di bagian alis dan dahi otomatis akan mengerut. Orang yang kebiasaan mengeryitkan dahi cenderung punya banyak kerutan di dahi meskipun usianya terbilang masih muda.

BACA JUGA: Kulit Keriput Bikin Nggak Percaya Diri? Ini Trik Mencegahnya!

Sering Terkena Radikal Bebas

Salah satu faktor yang tidak bisa dihindari terutama jika hidup di kota besar adalah radikal bebas. Terlebih untuk yang menggunakan moda transportasi umum, pastinya radikal bebas dari polusi udara jadi musuh utama untuk kulitmu. Solusinya adalah, saat naik angkutan umum, gunakan pakaian tertutup dan juga pakai masker. Hal ini bisa meminimalisir terpaparnya kulit dari radikal bebas baik itu dari polusi udara maupun cahaya matahari. Selain itu, Dr. Heru juga menjelaskan salah satu penyebab kulit cepat menua yakni adalah rokok.

Banyak sekali cara untuk mengurangi tanda penuaan lho, ladies. Di antaranya adalah mengurangi kedua hal diatas, tidur tepat waktu dan juga makan makanan bernutrisi!

BACA JUGA: Makanan Enak untuk Kulit Awet Muda dan Sehat

Meylisa Agustina
Lady on Duty. Suka banget hal yang berkaitan dengan Jepang, tapi tetep cinta Indonesia. Hobi sama dunia fotografi dan tulis menulis.
Share this article

Artikel Terkait