Foto 5 Sinyal Tubuh yang Menandakan Kamu Sedang Stres

5 Sinyal Tubuh yang Menandakan Kamu Sedang Stres

Terkadang tubuh mengirimkan sinyal jika sedang berada dalam tekanan tanpa kita sadari, hal-hal berikut ini dapat menjadi tanda kalau kamu sedang stres!

Tahukah kamu bahwa saat kita sedang stres, nutrisi yang ada di dalam tubuh terproses dengan lebih cepat dan membuat tubuh menjadi kekurangan nutrisi? Hal ini disebabkan karena saat tubuh stres maka keseluruhan sistem tubuh termasuk energi, respon otak, hormon dan juga sistem imun kita bekerja lebih tinggi dan cepat dari pada saat kondisi tubuh normal. Oleh karena itu, beberapa gejala yang muncul di tubuhmu akibat kekurangan vitamin atau mineral dapat menjadi tanda peringatan bahwa sebenarnya kamu sedang stres berat! Berikut 5 sinyal tubuh yang dapat menjadi petanda kalau kamu sedang stres:

Retak di Sisi Mulut

Retak di sisi mulut disebabkan karena kuranganya asupan vitamin B6. Vitamin B, terutama B6, sangat penting bagi kesehatan tubuh dan diperlukan untuk mengambil energi dari karbohidrat, lemak dan protein yang kita makan. Vitamin B6 juga berkaitan dengan produksi serotonin dan dopamin yang meregulasi mood dan motivasi, serta melantonin yang mengatur tidur. 

Saat stres kita kehilangan banyak vitamin B6 ini, oleh karena itu tidak hanya gejala yang kasat mata seperti retak di sisi mulut, tetapi mood dan waktu tidur kita juga menjadi tidak seimbang. Untuk mengatasi kekurangan vitamin B6 kamu bisa mengonsumsi makanan seperti wortel, ayam, telur, daging, bayam, alpukat, pisang, brokoli, jangung, kentang, dan sebagainya.

Bercak Putih Pada Kuku

Banyak orang yang berasumsi bahwa bercak putih pada kuku menandakan kurangnya kalsium. Sebenarnya bercak putih pada kuku ini menandakan bahwa tubuh kita kekurangan mineral, yaitu zink. Zink sangat penting bagi sistem enzim, imunitas tubuh, dan juga produksi hormon, seperti insulin dan hormon seksual. 

Sayangnya, saat stres, tubuh memroses zink lebih cepat dan dapat dideteksi dengan munculnya bintik-bintik putih pada kuku. Untuk meningkatkan zink, kamu bisa mengonsumsi ikan, daging, biji bunga matahari, biji labu, kerang, keju cheddar, kepiting, dan sebagainya. Tapi karena zink hewani lebih mudah diserap oleh tubuh daripada nabati, maka kamu yang vegetarian bisa menggunakan suplemen sebesar 15-20mg perharinya.

Jerawat Pada Puncak Lengan dan Paha

Munculnya jerawat pada puncak lengan dan paha dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin E serta minyak omega. Ini memperlihatkan ketidaknormalan pertumbuhan kulit yang disebut sebagai follicular keratosis, yaitu kondisi di mana terlalu banyak protein keratin yang terbentuk.

Vitamin E juga membantu meningkatkan sirkulasi, pembekuan darah normal, jaringan parut, tekanan darah, dan juga meningkatkan produksi sperma. Saat stres, tubuh akan memakai vitamin E terlalu banyak sebagai respon stres. Akhirnya tubuh akan kekurangan vitamin E. Jika ini terjadi, kamu perlu mengonsumsi kacang, biji-bijian, gandum, nasi merah, telur, susu, oatmeal, kentang manis dan sebagainya.

Gusi Berdarah

Gusi berdarah disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C sebagai anti-oksidan yang dibutuhkan untuk setidaknya 300 fungsi metabolisme dalam tubuh. Vitamin C membantu dalam memproduksi hormon anti-stres, interferon (protein sistem kekebalan) yang diperlukan untuk produksi kolagen yang mana membuat seluruh jaringan tubuh. Oleh karena itu, kekurangan vitamin C dapat melibatkan pendarahan di mana jaringan tubuh tidak dapat diperbaharui dan rusak. Gejala yang paling ringan yang dapat dilihat adalah gampangnya kita menjadi memar atau gusi yang berdarah saat menggosok gigi. Hal ini terjadi karena tubuh menggunakan banyak vitamin C secara langsung sebagai respon terhadap stres. Gejala lain yang lebih parah adalah tubuh terkena infeksi flu atau sulit sembuh dari suatu penyakit. Jika gejala ini muncul, cepatlah konsumsi vitamin C yang bisa didapat melalui konsumsi buah, jeruk, sayuran hijau, asparagus, alpukat, brokoli, mangga, bawang bombay, pepaya, nanas, stroberi, tomat, bayam dan sebagainya.

Sering Terinfeksi Penyakit Tenggorokan Atau Dada

Kamu mudah terinfeki penyakit yang menyerang tenggorokan atau dada? Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya vitamin A, lho! Saat stres, vitamin A yang tersimpan di tubuh tergunakan dengan cepat saat kita dalam kondisi stres. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan vitamin A. Padahal selain penting untuk kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh terhadap infeksi luar kulit dan selaput lendir yang melapisi saluran pernafasan, pencernaan dan saluran kemih. 

Makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan vitamin A adalah hati binatang, minyak hati ikan, asparagus, brokoli, aprikot, wortel, pepaya, peach, labu, paprika merah, bayam dan sebagainya. Saat kamu sulit sembuh dari flu sampai penyakit tersebut menjalar ke tenggorokan serta dada, perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan daging dengan kualitas baik. Selain itu, sup hangat juga dapat membantu untuk menyampaikan nutrisi-nutrisi tersebut dengan sempurna menghidrasi jaringan tubuh.


Apa kamu mengalami gejala-gejala di atas? Bisa jadi kamu sedang stres, lho! Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk melawan stres dan jangan lupa untuk relaksasi sesekali ya, ladies

Artikel Selanjutnya

Foto Cut Auzola Azalia

Cut Auzola Azalia

A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani