Foto Wow! Ternyata Makanan Ini Aman Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa!

Wow! Ternyata Makanan Ini Aman Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa!

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Ternyata ada beberapa makanan yang masih bisa di konsumsi setelah lewat tanggal kadaluarsa lho! Apa saja kah itu?

Saat kamu membeli produk makanan, tanggal kadaluarsa menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan, jangan sampai produk makanan yang kamu beli sudah melewati batas kadaluarsa dan mengandung banyak bakteri berbahaya, hingga mengganggu kesehatanmu.

Tapi sebenarnya tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk makanan, tak selalu berarti menjadi batas waktu konsumsi, sebab terkadang pihak penjual kerap merubah tanggal kadaluarsa beberapa produk makanan yang mereka jual. Karena itu meneliti makanan sebelum membelinya jauh lebih penting. Terkadang makanan masih bisa dikonsumsi meski sudah terlihat tidak baik. Hal yang terpenting adalah memeriksa kadar air yang terdapat dalam makanan tersebut. Jika kadar airnya tinggi, maka ada kemungkinan makanan tersebut sudah tidak bisa dikonsumsi.

Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang masih aman untuk dikonsumsi mesikpun sudah lewat tanggal kadaluarsa. Berikut adalah 8 makanan tersebut:

Daging

Daging yang disimpan pada suhu 32-34 derajat celcius punya usia yang cukup lama untuk bisa dikonsumsi. Suhu tersebut memungkinkan makanan terhindar dari bakteri sehingga tidak rusak. Kamu kemungkinan bisa mengolahnya dengan suhu panas yang membuat bakteri yang tak sengaja menempel saat proses pencairan daging menjadi mati.

BACA JUGA: Waspadai Bakteri ini Pada Daging Ayam!

Susu

Susu sudah melewati proses pasteurisasi sehingga harusnya bisa bertahan lama bila disimpan di suhu rendah. Susu juga masih layak dikonsumsi apabila aromanya tidak berubah.

Telur

Siapa sangka bahwa telur bisa diperpanjang usia konsumsinya. Caranya adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es dan untuk mengetes apakah ia masih segar atau tidak, kamu cukup meletakannya di dalam mangkuk berisi air. Apabila telurnya mengapung maka telur tersebut sudah tidak layak dimakan.

BACA JUGA: Manfaat Telur Untuk Tubuh Dari Ujung Rambut Sampai Kuku Kaki

Makanan Kalengan

Umumnya makanan kaleng memiliki waktu 3 tahun penyimpanan sebelum tanggal kadaluarsa. Tapi tahukah kamu, apabila disimpan di suhu rendah makanan kaleng bisa bertahan selama 7 tahun dan masih bisa dimakan!

BACA JUGA: Menguak Kandungan Gizi Dalam Sekaleng Ikan Sarden

Makanan Beku

Makanan beku jarang memiliki tanggal kadaluarsa. Lebih baik menyimpan makanan beku di freezer, dan freezer sendiri berfungsi membunuh mikrobakteri yang menyebabkan makanan menjadi basi. Agar tetap enak dimakan, sebaiknya kamu mengemasnya dalam wadah yang tertutup rapat agar bunga es tidak masuk ke dalamnya.

Snack Kemasan

Keripik atau snack kemasan kering umumnya juga masih bisa dimakan sekalipun sudah melewati tanggal kadaluarsa. Kamu harus mencium aromanya terlebih dahulu, bila tidak ada aroma aneh maka snack aman untuk dimakan.

BACA JUGA: 5 Cemilan Alternatif Enak dan Sehat Untuk Diet Sukses

Pasta

Simpan pasta di dalam wadah tertutup dan di dalam tempat gelap untuk memperlama usia konsumsinya. Pasta sensitif akan cahaya sehingga harus disimpan di dalam lemari.

Roti

Roti adalah makanan berbahan dasar tepung sehingga jika disimpan dalam freezer usia makannya akan lebih lama. Sekalipun sudah lewat tanggal kadaluarsa, roti masih aman untuk dikonsumsi.


Kamu bisa mencoba beberapa tips tersebut untuk memperpanjang usia konsumsi beberapa makanan. Selama disimpan di tempat yang tidak terjangkau bakteri, sebagian besar makanan bisa dikonsumsi lebih lama.

BACA JUGA: Ini Dia 45 Panduan Masa Kadaluarsa Yang Harus Kamu Ketahui!

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini