Foto Bahaya Teh Susu yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Bahaya Teh Susu yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Teh susu memiliki rasa yang enak dan disukai oleh kebanyakan orang. Teh dan susu memang masing-masing memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, tapi bagaiamana jika kedua jenis minuman ini dicampur ya?

Sebelum bahas mengenai teh susu, yuk cari tahu apa aja sih manfaat dari masing-masingnya?

Sudah menjadi rahasia umum jika teh memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Teh merupakan salah satu minuman yang telah mendunia, banyak negara-negara yang melakukan festival minum teh di setiap tahunnya. Bahkan di Jepang minum teh sudah merupakan bagian dari budaya dan tradisi. Teh juga memiliki banyak jenis, dari teh hijau, teh putih, teh hitam dan teh oolong. Berikut ini beberapa manfat teh secara umum: 

Manfaat Teh

Mencegah Berat Badan Berlebih

Kandung polifenol dan kafein yang ada pada teh mampu meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga akan membantu kamu menurunkan berat badan.

Anti Aging dan Mencegah Kanker

Kandungan polifenol dan ECGC mampu memperkuat elastin dan kolagen dalam tubuh, sehingga bisa  menghambat tanda-tanda penuaan seperti noda hitam dan garis-garis halus. EGCG dalam teh juga bisa menghambat perkembangan kanker tertentu dan efek buruk merokok.

BACA JUGA: Atasi 4 Masalah Kesehatan Ini dengan Jenis Teh yang Tepat​

Melindungi Kesehatan Hati

Kandungan katekin dalam teh hijau dipercaya mampu menekan dan mencegah cedera liver agar tidak semakin memburuk. 

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Tulang

Kandungan kalsium dan mineral pada teh ataupun mampu meningkatkan kepadatan dan menjaga kesehatan gigi dan tulang. 

Baik untuk Penderita Diabetes

Polisakarida dalam teh bisa menghambat penyerapan glukosa oleh tubuh, sehingga mencegah penyakit diabetes.

Kaya Antioksidan

Antioksidan tinggi pada teh dapat membantu melawan radikal bebas akibat polusi lingkungan. Radikal bebas dalam sel-sel tubuh yang bereaksi negatif dengan DNA, akan menyebabkan kerusakan sel.

Kemudian Apa Saja Manfaat Susu?

Susu mengandung asam lemak tak jenuh, serat pangan yang berperan sebagai prebiotik, kalori, protein, karbohidrat, kalium, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin. Kandungan dalam susu tersebut memiliki manfaat sebagai berikut: 

  • Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis
  • Baik bagi pertumbuhan anak
  • Membuat kulit terlihat semakin putih, mulus, dan halus
  • Menetralisir racun seperti timah atau logam yang masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman.
  • Mencegah penyakit darah tinggi
  • Menguatkan jantung dan sistem saraf sehingga tidak mudah lelah
  • Mencegah kanker usus.

BACA JUGA: Minum Susu, Demi Kesehatan dan Kecantikan​

Dengan berbagai manfaat baik dari teh dan susu, lantas apakah manfaat tersebut akan menjadi ganda jika keduanya dicampur? Jawabanya adalah “TIDAK”

Teh yang dicampur dengan susu justru akan mengurangi manfaat penting dari teh karena protein kasein pada susu sapi yang dapat menurunkan kadar catechin pada teh yang memiliki manfaat untuk melawan penyakit jantung. Susu juga dapat menurunkan aktifitas insulin pada teh hingga 90%.

Teh yang ditambah dengan susu dapat menghambat kemampuan teh melebarkan pembuluh darah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi kandungan antioksidan pada teh. Jika teh susu di konsumsi terus menerus dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan penyakit kencing batu dan batu ginjal apalagi air putih yang dikonsumsi kurang.


Sebaiknya teh dan susu di minum secara terpisah agar manfaat pada masing-masing dapat dengan optimal dirasakan oleh tubuh. Untuk kamu para pencinta teh susu, masih tetap bisa menikmatinya dengan beralih dari susu sapi ke susu kedelai. Jangan lupa untuk meminum air putih yang cukup setelah mengkonsumsi teh susu ya! 

BACA JUGA: 

Artikel Selanjutnya

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini