Kawaii Beauty Japan

Health

Bahaya Kesehatan Dibalik Bantal Tidurmu

Walaupun hal ini terlihat sepele, tapi ternyata dampak dari tidak mengganti bantal itu berbahaya lho!

Hikma Adriani

Apa yang menjamin kenyamanan tidurmu di malam hari? Hampir 70 persen orang menjawab bantal yang lembut dan empuk adalah faktor utama yang membuat tidur mereka lebih lelap selain kasur yang empuk dan suasana kamar yang sejuk.

Pernahkah kamu bertanya seberapa sering harusnya kamu mengganti bantal tidur? Kebanyakan orang tidak ingin berpisah dengan bantal favorit mereka, padahal bantal tidur juga memiliki tanggal kedarluwarsanya lho!

BACA JUGA: Cek Bantalmu Sekarang! Ternyata Bantal pun Bisa Kedaluwarsa!​

Kesalahan utama dalam mengatasi masalah tidur adalah usia bantal yang sudah terlalu lama, berbeda dengan matras yang bisa bertahan selama lima sampai sepuluh tahun. Bantal tidur idealnya diganti setiap enam bulan dan harus disingkirkan ketika usianya mencapai 2 tahun.

Sayangnya banyak yang melupakan detail kecil tersebut dan lebih sering mempermasalahkan kasur yang tidak nyaman ketimbang bantal, padahal bantal merupakan kunci penting kesahatan tidur lho!

Yang tidak disadari banyak orang adalah bantal bisa menjadi sarang bagi kuman serta serangga mikroskopis yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya itu, kain pelapis bantal juga menyerap keringat, minyak serta sel kulit mati dari wajah setiap malam lalu dari kotoran tersebut bisa menjadi penyebab jerawat. Sementara itu kuman dan serangga mikroskopis yang bersarang di bantal juga bisa menjadi pemicu timbulnya alergi pada kulit apalagi jika bantal tidak diganti, alergi yang ringan bisa menjadi alergi akut.

BACA JUGA: 7 Bahan Penyebab Alergi pada Kulit karena Penggunaan Kosmetik​

Lalu, apa tanda kamu harus segera mengganti bantal tidur? Selain memperhatikan usia bantal, gejala seperti hidung tersumbat atau sering bersin di pagi hari setelah bangun tidur serta tidur malam yang tidak nyenyak merupakan tanda bahwa bantal tidurmu harus segera diganti.

Cara lainnya adalah dengan mencuci bantal tidurmu setiap dua bulan sekali dan dijemur dibawah terik matahari untuk mengurangi populasi kuman dan serangga pada bantal, tapi meskipun begitu lebih baik jika kamu mengganti bantal tidurmu setelah dua tahun.

Nah ladies, hal yang jarang kita perhatikan dan hal kecil lainnya ternyata bisa sangat berpengaruh pada kesehatan lho! Yuk mulai rutin mengganti bantal tidurmu dari sekarang!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait