Foto Bahaya Kesehatan Dibalik Gerakan Planking

Bahaya Kesehatan Dibalik Gerakan Planking

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Olahraga secara teratur memang baik untuk kesehatanmu. Namun alangkah baiknya kalau kamu menyesuaikan jenis olahraga dengan kondisi fisikmu supaya kamu tidak mudah cidera.

Pernahkah kamu melakukan gerakan planking saat berolahraga?

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga sederhana yang biasanya dipraktekkan pada kelas yoga atau pilates. Hal yang harus dilakukan saat mempraktekkan pose plank sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu berada pada posisi telungkup di lantai kemudian menahan seluruh beban tubuhmu dengan kedua lengan bagian bawah menempel di lantai sambil dan gerakan kaki berjinjit. Dengan melakukan pose Plank secara teratur kamu bisa mengencangkan otot perut dan lengan.

Planking

Walaupun gerakan plank ini terdengar sangat mudah dilakukan, kamu bisa merasakan sendiri sensasi plank yang ternyata cukup sulit dilakukan bahkan walau cuma 1 menit. Rasa sakit pada bagian belakang punggung akan makin meningkat ketika kamu melakukan plank dalam waktu yang lama.

Bagi sebagian orang yang rajin pergi ke pusat kebugaran, pose olahraga ini mungkin menjadi salah satu bagian yang paling difavoritkan. Namun sebaiknya kamu tetap waspada saat melakukan plank. Jangan sampai kita malah mengalami sakit atau cidera seperti yang pernah dialami Lisa Brinkworth.

Gemar Berolahraga

Lisa Brinkworth adalah ibu rumah tangga yang gemar berolahraga. Ia gemar mengikuti kelas olahraga pilates untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih proporsional. Lisa mengaku cukup terobsesi dengan foto-foto wanita berperut six pack dengan pose plank di media sosial. Selain itu, ia juga sangat kagum dengan teman olahraganya yang merupakan seorang ibu beranak empat dengan kemampuan pose plank hingga 5 menit.

Berbekal obsesi untuk hidup bugar dengan tubuh yang indah, Lisa begitu rajin mengikuti kelas olahraga selama kurang lebih 18 bulan. Bahkan di pagi hari sebelum sibuk mengurus rumah tangga, ia menyempatkan diri untuk berlatih plank terlebih dahulu.

Tentang Cidera yang Dialami Lisa

Semua kegiatan olahraga yang dijalankan Lisa terasa lancar, sampai suatu malam ia merasakan nyeri yang hebat pada bagian dada kiri hingga bagian lengan, namun Lisa tidak bergegas pergi ke dokter. Keesokan harinya rasa sakit tersebut sudah lebih membaik namun masih menyisakan kecemasan di hati Lisa.

Konsultasi yang dilakukan dengan trainer pilates dan dokter umum tidak memberikan penjelasan yang berarti bagi kondisi Lisa. Hingga akhirnya pada Februari 2015 rasa sakit yang dialami Lisa menjalar hingga ke bagian payudara. Memutuskan untuk berkonsultasi dengan Katy Hogben, ahli bedah payudara, lisa menemukan sebuah fakta yang sangat menakjubkan.

Katy bertanya apakah Lisa rajin mengikuti olahraga pilates? Pertanyaan ini tentu saja dijawaban deangan bangga oleh Lisa. Namun ternyata Katy menemukan bahwa Lisa mengidap penyakit costochondritis, penyakit radang tulang rawan yang menyerang tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dan otot dada.

Bahaya Planking

Melakukan pose plank secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan peradangan pada tulang rawan di sekitar tulang rusuk sehingga menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan di aera sekitar dada dan lengan. Salah satu solusi untuk menyembuhkan costochondritis adalah dengan berhenti melakukan plank. Karena bila tidak disembuhkan, costochondritis dapat menyebabkan risiko cidera tulang yang lebih parah lagi.


Ladies, berolahraga sejatinya memang baik untuk kesehatan. Tapi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan hingga melampaui batas kemampuanmu. Jalankan olahraga yang ringan dan sesuai dengan kondisi tubuhmu. Tidak ada salahnya lho berkonsultasi dengan tim medis profesional sebelum memilih olahraga yang akan kamu tekuni. Jangan sampai olahraga malah membuatmu mengalami cidera fatal dan kesulitan dalam beraktivitas, ya.

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Marga Apsari Marga Apsari
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Marga Apsari Marga Apsari
Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Santi Berlinawati Santi Berlinawati