Foto Mengapa Sulit Sekali Move On dan Cara Mengatasinya

Mengapa Sulit Sekali Move On dan Cara Mengatasinya

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Sudah putus tapi masih belum bisa move on? Banyak yang bertanya-tanya berapa lama sebenarnya kita benar-benar bisa lepas dari bayang sang mantan? Ini dia jawabannya!

Ada yang bilang lamanya waktu yang diperlukan seseorang untuk move on adalah dengan membagi dua lamanya waktu berhubungan, tapi apakah sesederhana itu? Ternyata tidak. Banyak yang masih saja mengingat-ingat mantan meskipun sudah melewati masa itu dan mungkin saja kamu salah satunya. Pernahkah kamu bertanya kenapa sulit sekali untuk move on? Klik NEXT untuk mengetahui alasan sulit move on serta cara mengatasinya!

BACA JUGA: DO's & DON'Ts Saat Patah Hati

Mengapa Sulit Sekali Move On?

Tidak sedikit yang merasa tidak berdaya karena tidak bisa melepas memori tentang sang mantan. Kenapa masih saja sedih? Kenapa mendengar namanya disebut masih membuat deg-degan? Pertanyaan-pertanyaan ini membuat kita semakin depresi. Tak perlu khawatir dan merasa bersalah, karena sebenarnya memang cukup banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama seseorang bisa move on dari mantannya. Seperti faktor-faktor berikut ini:

Otakmulah Biang Keladinya

Para peneliti dari the University of Berkeley menemukan bahwa keadaan otak ketika jatuh cinta sama seperti keadaan otak ketika menerima hadiah. Dalam hal ini hadiahnya berupa interaksi dengan mantan, pada saat sudah putus otak tidak berhenti mengharapkan kehadiran hadiah tersebut. Sepertinya bukan cinta yang membuatmu tidak bisa lepas melainkan kehadiran mantanmu. 

Internet, Mimpi Buruk Bagi Yang Baru Putus

Facebook, Twitter dan Instagram, bagaimana kamu tidak dihantui oleh bayang-bayang sang mantan dengan semua media sosial yang ada sekarang? Bahkan ketika kamu sudah menghapusnya dari Facebookmu, foto-fotomu bersamanya masih ada, teman-temannya masih ada dalam daftar pertemananmu dan ketika seseorang memberikan komentar foto lama kalian, mau tak mau kamu akan melihat dan mengingatnya. Menyebalkan sekali bukan?

BACA JUGA: Hal yang Paling Sering Diperhatikan Wanita Saat Berkenalan Dengan Pria

7 Faktor Utama Yang Menentukan Kamu Cepat Move On Atau Tidak

Elly Prior, seorang konselor pasangan terakreditasi dari BACP (British Association for Counselling and Psychotherapy) menyebutkan 7 faktor utama yang sangat menentukan apakah kamu bisa cepat move on dari hubungan yang sudah berakhir atau tidak, faktor-faktor tersebut adalah:

  • Lamanya hubungan atau pernikahan
  • Kapan kamu putus
  • Bagaimana intensitas hubunganmu, obsesif atau tidak
  • Seberapa penting hubungan itu buatmu
  • Bagaimana kamu putus
  • Apakah melibatkan kekerasan
  • Apakah hubungan itu adalah perselingkuhan

Dan masih banyak sekali faktor lain yang turut andil dalam proses pemulihan pasca putus, termasuk: Apakah ini pertama kalinya kamu putus? Apakah ada hal lain yang membuatmu stres? Bagaimana dukungan teman dan keluargamu? Apakah harus ada pembagian harta atau kepemilikan? Bagaimana komunikasimu dengannya?

BACA JUGA: Susah Move On Karena Barang-barang Mantan?

Cepat Move On Dengan Tips Ini

Banyak sekali tips yang bisa kamu coba agar bisa segera melupakan mantanmu. Namun tips yang satu ini sangat menarik dan wajib kamu coba kalau kamu ingin cepat move on.

Tips ini diberikan oleh David Braucher, L.C.S.W., Ph.D., seorang penulis di Psychology Today. Dr. Braucher menawarkan pendekatan yang bersifat membangun yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mentalmu.

Dalam keengganan kita melepas bayang-bayang sang mantan sebenarnya mencerminkan bahwa kita memiliki rasa kasih sayang di dalam diri kita. Agar kita bisa mengambil pelajaran positif dari pengalaman negatif ini kita harus memutus hubungan antara gambaran internal kita mengenai mantan dengan kehadiran fisiknya, dengan kata lain ganti bayangan fisik mantanmu dengan lebih mengingat perasaan-perasaan positifmu terhadapnya. Fokus pada apa saja yang kamu suka mengenai bagaimana kamu mencintainya. Hal itu akan mengubah caramu memandang pengalaman putus yang menyakitkan.

Dr. Braucher mengatakan bahwa kamu akan memahami ternyata mantanmu memiliki peranan yang penting untuk mengeluarkan nilai-nilai positif dari dalam dirimu seperti sifat tidak egois dan menyayangi, dengan begitu kamu akan merasakan lebih banyak cinta yang kamu miliki dibandingkan dengan rasa kecewa terhadap mantanmu.

BACA JUGA: Jangan Pacaran Dulu Jika Masih Ingat Mantanmu!


Hal inilah yang akan memberimu lebih banyak kekuatan untuk bangkit. Let’s move on, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini