Foto 3 Ikan Lokal yang Bisa Jadi Sahabat Perut Ibu Hamil dan Menyusui

3 Ikan Lokal yang Bisa Jadi Sahabat Perut Ibu Hamil dan Menyusui

Foto Kasih Elia LG
Ladies, ada di antara kalian yang sedang hamil dan menyusui? Atau mungkin sedang membesarkan batita atau balita? Baca artikel ini deh!

Ibu yang sedang hamil dan menyusui memang harus banyak hati-hati memilih makanan. Setiap asupan yang masuk harus diperhatikan dari segi gizi, protein, dan mineral. Belum lagi harus berhati-hati agar kolesterol tubuh tidak meningkat. Nah, kali ini penulis ingin merekomendasikan ikan lokal yang tinggi protein, rendah lemak, mudah didapat, pun murah. Coba yuk kita tengok ikan apa saja sih yang sudah terbukti baik untuk ibu hamil dan menyusui?

BACA JUGA: Atasi Masalah Rambut Saat Hamil dan Melahirkan dengan Tips ini

 

Cat fish

Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia. Selain karena mudah ditemukan, ikan lele juga sangat enak lho.

Untuk ibu hamil sendiri, ikan lele bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan aman yang sangat rendah kalori dan rendah lemak. Ini memungkinkan seorang calon ibu untuk mengonsuminya tanpa perlu khawatir menambah lemak dan kalori yang tidak baik untuk pertumbuhan bayi. Kemudian, ikan lele juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan bayi seperti kandungan DHA-nya yang sangat besar.

Sementara itu ketika seorang ibu hamil mengonsumsi ikan lele, ASI yang dikeluarkan sang ibu pun bisa jadi sangat bernutrisi dan sangat baik untuk kesehatan si kecil. DHA yang dikandungnya pun dapat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf utama buah hati.

Nale Fish

Ikan Nila

Nah, satu lagi nih ikan air tawar yang bisa kamu temui di hampir seluruh sungai dan kolam di daerah-daerah Indonesia.

Kalau DHA menjadi faktor utama kebaikan dari ikan Lele, Ikan Nila memiliki lemak omega 3 yang sangat berguna untuk penyempurnaan perkembangan organ tubuh si buah hati. Salah satunya otak dan daya lihat mata.

Sama seperti ikan lele, ikan nila juga sangat rendah lemak dan rendah kalori. Sehingga ibu hamil yang sedang menjalani diet dapat memasukkan ikan nila ke dalam menunya menggantikan protein yang biasanya didapat dari daging merah. Ini dapat mencegah peningkatan kolesterol pada ibu hamil.

Yang mengejutkan, protein yang terkandung dalam 90 gram ikan nila, adalah sekitar kurang lebih 26-30 gram. Itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian manusia yang memang sekitar 52% dari konsumsi makanan sehari-hari. Protein inilah yang dapat menjaga kestabilan kesehatan ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya.

BACA JUGA: Gak Suka Makan Ikan? Ih Rugi!

Snake head fish

Ikan Gabus

Terakhir kita punya ikan gabus nih. Sama seperti ikan lele dan ikan nila. Ikan gabus juga merupakan ikan yang cukup merakyat dan mudah didapatkan.

Nutrisi yang terdapat di dalam ikan gabus sangatlah banyak. Salah satunya seperti asam amino. Protein yang terdapat di dalamnya juga tinggi lho.

Manfaat kesehatan ikan gabus ada bermacam-macam, seperti membantu penyembuhan pasien sehabis dioperasi, menghilangkan pembengkakan, dan membantu proses penyembuhan berbagai sakit penyakit. Beberapa di antaranya seperti tipus, diabetes, gastritis, dan patah tulang.

Nah, untuk ibu hamil dan ibu menyusui sendiri, ikan gabus ini sangat baik untuk proses perbaikin gizi. Ibu yang sedang hamil butuh cukup gizi dan nutrisi untuk melahirkan anak yang sehat dan kuat sementara gizi yang cukup akan meningkatkan kualitas ASI dari ibu menyusui.

Apabila ladies memiliki anak yang cukup sering sakit-sakitan dan kekurangan gizi, coba sementara ganti menu hariannya dengan ikan gabus. Ini akan membantu asupan gizinya yang kurang selama ini.

Fisherman

Ikan Lele, Ikan Nila, dan Ikan Gabus. Semuanya mudah di dapat di Indonesia, dan semuanya memiliki harga yang cukup masuk akal dan terjangkau. Tidak ada alasan untuk ibu hamil untuk tidak minta dibelikan suami ke pasar ya. Terutama ini untuk calon buah hati yang akan datang ke dunia.

Dengan membeli ikan-ikan lokal ini juga, kalian sudah membantu nelayan indonesia melestarikan pekerjaan mereka selama ini. Kalau ikan lokal saja sudah begitu bermanfaatnya, untuk apa kita mahal-mahal beli produk import. Buat anak, jangan main gengsi. Pilih yang sehat dan terbaik. Dukung aktivitas nelayan Indonesia sekaligus memberikan asupan gizi yang terbaik untuk buah hati ga ada salahnya kan?

Bersamaan dengan ini Kawaii Beauty Japan, staff dan seluruh penulis, juga ikut mengucapkan Selamat Hari Nelayan Nasional (6 April 2015). Mari lestarikan kegiatan nelayan nasional Indonesia dengan membeli produk perikanan Indonesia yang enggak kalau bermanfaatnya dengan produk perikanan luar.

BACA JUGA: Seafood Kaya Akan Nutrisi Tapi Terancam Merkuri, Ini Triknya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini