Foto Detoks Kulit untuk Kulit yang Lebih Sehat

Detoks Kulit untuk Kulit yang Lebih Sehat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Seperti halnya metode detoks lainnya, detoks kulit diklaim mampu meningkatkan kesehatan kulit sehingga kulit tampak lebih muda. Tapi, apakah diet kulit yang satu ini benar-benar harus dilakukan?

Kulit bersih, kencang, dan bercahaya, siapa tidak mau? Apalagi dengan bertambahnya usia, kulit pun pasti semakin kendur dan berkurang kesegarannya. Untuk mengatasinya, baru-baru ini di Eropa berkembang tren perawatan wajah dengan detoks kulit. 

Apa Itu Detoks Kulit?

Ladies, saat ini banyak sekali metode detoks yang ditawarkan sebagai salah satu langkah untuk menjaga kesehatan. Detoks diyakini bisa menyingkirkan zat-zat yang merugikan bagi tubuh. Namun, sudahkah kamu mendengar mengenai detoks kulit?

Jika selama ini kamu hanya mendengar detoks yang bertujuan membersihkan organ-organ dalam dari racun dan zat berbahaya, sebenarnya ada juga detoks yang bertujuan untuk membersihkan bagian kulit luar. Ya, detoks kulit memang khusus bertujuan untuk merawat kulit, dan menjaganya agar terlihat tetap muda.

Caranya mudah sekali, yaitu dengan metode “diet kulit 5:2”. Diet kulit ini menyuruh kita untuk mengistirahatkan kulit dari makeup apapun selama 2 hari dalam 1 minggu. 5 hari dengan makeup, dan sisa 2 hari lainnya tanpa makeup. Dengan cara tersebut, kulit dapat bernafas dengan leluasa, sehingga senantiasa terlihat lebih muda.

BACA JUGA: 5 Produk Perawatan Kulit Ini Wajib Kamu Miliki!

Karen Hammerman, M.D., seorang dokter kulit dari Vanguard Dermatology di New York berkata bahwa mengistirahatkan kulit dari makeup memberi kesempatan bagi kulit untuk memperbarui tingkat kelembaban naturalnya tanpa terhalangi lapisan makeup. Selain itu, kulit juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk menghilangkan sisa-sisa makeup pada wajah.    

Wajibkah Melakukan Detoks Kulit?

Meskipun bermanfaat, detoks kulit sebenarnya tidak wajib dilakukan. Hammerman menambahkan bahwa kamu tidak harus meluangkan waktu selama 2 hari bebas makeup. Cukup dengan rutin membersihkan wajah sebelum tidur, kulitmu sudah dapat bernapas dan beristirahat semalaman.

Agar kulit benar-benar bersih, bersihkan sebanyak 2 kali. Pertama bersihkan kulit wajah dari lapisan makeup yang tebal. Kedua, bersihkan residu-residu makeup yang masih menempel sehingga kulit dapat bernapas secara maksimal.

Hammerton berkata, “Apakah kamu menjalankan diet kulit 5:2 atau tidak, yang paling penting adalah kamu membersihkan kulitmu dengan benar-benar bersih.” Hal yang tidak kalah penting adalah memilih makeup yang aman, serta selalu melindungi kulit menggunakan tabis surya.

Salah satu ciri makeup yang aman dan baik adalah makeup yang tidak mengunakan bahan pengawet formaldehyde, seperti DM hydantoin, phthalates, dan oxybenzone. Bahan-bahan ini dapat memicu kerusakan kulit.

BACA JUGA: Bahan-Bahan Berbahaya dalam Lipstik

So ladies, kalau kamu tidak bisa melakukan detoks kulit selama 2 hari, kamu masih bisa melakukan metode lain yang lebih mudah. Cukup Pastikan wajahmu selalu bersih dari makeup sebelum tidur, karena saat tidur adalah waktunya bagi kulit untuk meremajakan diri dan bernapas. 

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini