Foto 5 Makanan Dan Minuman Ini Membuatmu Cepat Tua

5 Makanan Dan Minuman Ini Membuatmu Cepat Tua

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Banyak faktor yang bisa menyebabkan penuaan dini. Salah satunya adalah makanan dan minuman. Kebiasaan kurang tepat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu ternyata bisa membuatmu cepat tua.

Ladies, sadarkah kamu bahwa apa saja yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu tidak hanya berpengaruh pada kesehatan, namun juga penampilanmu? Simak baik-baik informasi di bawah ini karena jenis makanan dan minuman ini bisa membuatmu terlihat cepat tua.

Batasi Konsumsi 5 Makanan Dan Minuman Ini Agar Tidak Cepat Tua

Inilah 5 makanan dan minuman yang bisa membuatmu cepat tua:

Permen

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat memicu proses penuaan kulit. Ketika kamu mengkonsumsi gula melebihi jumlah yang bisa diproses oleh sel tubuh, sisanya akan bergabung dengan protein dan menghasilkan AGES (advanced glycation end products). Dr. Ariel Ostad, MD, dari the American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa AGES bisa merusak kolagen pada kulit, sehingga kulit akan kehilangan kekencangan dan keremajaannya.

Di samping itu, kamu pasti juga sudah tahu bahwa permen bisa merusak gigi. Gula akan menempel pada gigimu, kemudian menyebabkan berkumpulnya bakteri, karang gigi, dan gigi kuning. Agar tidak terjadi, berkumurlah dengan air putih untuk membersihkan gula yang menempel.

Alkohol

Kebiasaan minum alkohol dapat merusak hati. Kesehatan hati sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Jika hati berfungsi dengan baik, racun-racun yang berpotensi merusak kulit akan dikeluarkan dengan sendirinya dari tubuh. Namun jika terdapat banyak racun di dalam hati, kulit akan mengalami masalah, termasuk jerawat dan keriput.

Dr. Ostad berkata bahwa alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan gangguan tidur. Kurang tidur kemudian memicu keriput, warna kulit tidak rata, serta kurangnya keelastisan kulit.  

Makanan Pedas

Makanan pedas juga dapat berpengaruh buruk pada kulit selama masa menopouse. Menurut Dr. Ostad, aliran darah pada kulit menjadi lebih reaktif dan lebar pada wanita yang sudah menopouse. Sehingga mengakibatkan flek-flek dan kulit berkurang kekencangannya.

Namun, bukan berarti juga wanita menopouse tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas sama sekali. Silahkan mengkonsumsinya sesekali, asal tidak setiap hari agar wajah tidak sembap dan tidak terjadi noda merah permanen pada kulit.

BACA JUGA: Makanan Pedas pun Ternyata Bisa Menyehatkan!

Makanan Asin

Garam menahan air di dalam tubuh, sehingga bisa mengakibatkan sembap. Banyak makanan yang sepertinya tidak mengandung garam, namun ternyata memiliki kandungan garam yang tinggi. Misalnya saja makanan kaleng yang diawetkan dengan garam. Untuk mengurangi efeknya, gunakan pelembab dengan kandungan kafein pada area yang sembap.

Kafein

Makanan atau minuman apa saja yang mengandung kafein membuat tubuhmu mengeluarkan cairan sehingga bisa membuatmu dehidrasi, termasuk kulitmu. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan tua. Selain itu, kopi dan teh yang mengandung kafein juga bisa meninggalkan noda pada gigi yang sulit dihilangkan.

Kalau kamu adalah penggemar kopi atau apapun yang berkafein, gunakan pelembab secara teratur. Pelembab yang mengandung asam hyaluronic sangat dianjurkan karena bisa melembabkan hingga 1000 kali dari pelembab biasa.  

BACA JUGA: Mengkonsumsi Kopi Berbahaya Bagi Payudara! Apa Benar?

Ternyata, perawatan dari luar saja tidak cukup untuk menjaga penampilan agar tetap segar dan muda. Perhatikan juga menu sehari-hari yang kamu konsumsi, karena itu juga menentukan cantik tidaknya penampilanmu. 

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini