Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Apa Yang Dikatakan Hewan Peliharaanmu Tentang Kepribadianmu?

Yang manakah kamu, cat lovers atau dog lovers? Dua-duanya merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Bahkan, kucing atau anjing yang kamu miliki ternyata bisa menggambarkan kepribadianmu.

Santi Berlinawati

Kucing dan anjing merupakan hewan yang paling populer untuk dijadikan peliharaan. Perawatan kedua jenis hewan ini memang tidak terlalu rumit. Selain itu, kucing dan anjing cocok sekali untuk menjadi teman yang bisa diajak bercanda di rumah. Namun, tahukah kamu kalau ternyata hewan peliharaanmu itu bisa mewakili sifat dan kepribadianmu?

BACA JUGA: Tipe Peminum Kopi Seperti Apakah Kamu?

Cat Lovers Suka Berpetualang, Dog Lovers Lebih Terbuka

Hasil penelitian memang menunjukkan beberapa perbedaan kepribadian yang dimiliki oleh cat lovers dan dog lovers. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari California State University, East Bay dan the University of California, Berkeley tersebut menemukan beberapa karakter yang menjadi ciri khas dari cat lovers dan dog lovers.

Cat lovers digambarkan sebagai kepribadian yang lebih kreatif, menyukai petualangan, dan gampang cemas. Sedangkan dog lovers memiliki kepribadian yang lebih terbuka, memilih aman, dan menghindari resiko.

Dalam studi tersebut, lebih dari 1000 pemilik binatang peliharaan turut serta dalam survei mengenai hewan peliharaan mereka. Mereka juga diminta untuk memberikan informasi mengenai kepribadian mereka. Salah satunya adalah mengenai the “Big Five”, yaitu 5 kepribadian utama yang dimiliki seseorang. Para ahli psikologi menyebutkan, 5 kepribadian utama tersebut adalah keterbukaan, kehati-hatian, ekstrovert, keramahan, dan neurotisme.

Semakin Sayang Pada Hewan Peliharaan, Semakin Seseorang Mudah Cemas

Apa lagi yang ditemukan oleh para peneliti dalam studi itu? Ternyata, pemilik hewan peliharaan yang memiliki rasa sayang terbesar terhadap peliharaannya adalah yang paling tinggi tingkat neurotisme atau tingkat kecemasannya.    

Mikel Delgado, seorang mahasiswa doktoral fakultas psikologi di UC Berkeley yang memimpin penelitian itu menjelaskan hubungan antara tingginya tingkat neurotisme seseorang dengan rasa kasih sayang dan cemas yang mereka miliki. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang mudah cemas secara berlebihan kemungkinan juga memiliki rasa sayang yang teramat sangat kepada hewan peliharaannya, serta sangat bergantung kepada hewan peliharaannya tersebut.

BACA JUGA: Lagi Galau? Jauhi Makanan Dan Minuman Ini!

Tingkat neurotisme yang tinggi ini sangat menguntungkan hewan peliharaan tersebut. Mereka yang memiliki tingkat neurotisme tinggi bisa menjadi “helicopter parents” atau seperti helikopter, yang selalu mengawasi dan tahu ketika hewan peliharaannya sedang sakit, lapar, atau sekedar ingin dibelai. Akan tetapi memang masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai hal ini.   

Kemudian seorang ahli psikologi  di CSU, East Bay, Dr. Gretchen Reevy menambahkan, “Kami akan melakukan penelitian lebih jauh lagi mengenai apakah rasa sayang dan rasa cemas yang lebih besar terhadap hewan peliharaan, serta tingkat neurotisme yang lebih tinggi berpengaruh kepada perawatan dan pemahaman yang lebih baik mengenai apa yang dibutuhkan hewan peliharaan tersebut.”  

Jadi, apakah kamu cat lovers yang suka berpetualang atau dog lovers yang berkepribadian terbuka?

BACA JUGA: 4 Animal Cafe Yang Wajib Kamu Kunjungi di Jepang

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy