Foto Manfaat Besar dari Sebuah Pelukan Sederhana

Manfaat Besar dari Sebuah Pelukan Sederhana

Foto Intan A. Oktavia
Intan A. Oktavia
Contributor
Sudahkah kamu memberikan pelukan pada orang-orang tersayang hari ini? Sebuah pelukan ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak kamu sangka-sangka lho!

Setiap orang pasti menikmati momen hangat ketika mereka mendapatkan sebuah pelukan, meskipun hanya berlangsung selama beberapa detik atau beberapa menit. Apalagi jika pelukan tersebut datang dari orang yang kita sayangi.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa manusia membutuhkan setidaknya 4 pelukan setiap harinya. Dengan berpelukan, kamu bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, menyembuhkan atau mengurangi depresi. Masih perlu alasan lainnya?

Ini dia beberapa alasan kenapa kamu membutuhkan pelukan setiap harinya.

Hugging bear

1. Memberikan Rasa Nyaman

Perasaan nyaman tentu saja diperlukan oleh setiap orang, berapapun usianya. Kamu akan berusaha mencari dan menemukan rasa nyaman itu, termasuk dengan berada di samping orang yang kamu sayang. Beberapa orang percaya, bahwa dengan berpelukan akan memberikan perasaan yang aman dan nyaman. Berpelukan juga mampu melemaskan otot-otot yang tegang dan melepaskan tekanan pada tubuh.

2. Merangsang Oxytocin

Oxytocin merupakan senyawa penghubung pada otak yang akan bekerja pada sistem emosi atau perasaan manusia, sehingga oxytocin bertugas untuk meredahkan rasa cemas dan stres-mu. Maka itu saat berpelukan kamu akan merasakan perasaan yang lebih tenang. Meningkatnya oxytocin juga bisa meningkatkan libido serta gairah seksual. Uuuu~

BACA JUGA: 8 Fakta Menarik Tentang Bagaimana Seks Mempengaruhi Otak

Tight Hug

3. Mencairkan Suasana

Beberapa orang berpendapat bahwa, berpelukan setelah bertengkar dengan pasangan, teman atau keluarga akan membuat suasana kembali menjadi lebih nyaman dan sedikit membaik. Dengan begitu kamu bisa saling berkomnikasi dengan hati yang lebih tenang dan 'kepala dingin', Bukan begitu?

4. Membuat Lebih Tenang dan Sabar

Hubungan dan koneksi antar manusia membuat mereka saling menghargai satu sama lain. Pelukan adalah salah satu cara menunjukkan betapa mereka menghargai orang lain. Pelukan akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan sabar untuk menghargai hal yang terjadi pada sekelilingnya.

Kid Hugging doll

5. Merangsang Kelenjar Timus

Pelukan tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga untuk merangsang kelenjar timus yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia. Kelenjar timus pada remaja penting untuk mengatur pertumbuhan dan pubertas. Sedangkan untuk dewasa penting dalam pengatur produksi sel darah putih yang akan memperkuat kekebalan tubuh.

6. Memberi dan Menerima

Pelukan dapat mengajarkan kita pada pengertian bagaimana caranya memberi dan menerima. Sebuah pelukan akan memberikan perasaan menerima dan diterima secara bersamaan, sehingga menunjukan pada kita terjadinya proses kasih sayang antar sesama yang berjalan dua arah.

Hug dog

Itulah beberapa mnafaat yang bisa kamu dapatkan dari sebuah pelukan. Bayangkan, hal sederhana seperti pelukan, bisa berperan penting bagi tubuh dan perasaanmu. Bukan hanya berpelukan dengan orang yang kita sayangi, berpelukan dengan hewan kesayanganpun bisa memberikan manfaat luar biasa. 

So, sudahkah kamu memeluk seseorang hari ini? 

BACA JUGA: 4 Animal Cafe Yang Wajib Kamu Kunjungi di Jepang

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Intan A. Oktavia

Intan A. Oktavia

Freedom like a bird. I'm not trying to be perfect, I'm just being me the best i can :) Path: Intan Arianti Oktavia

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini