Kawaii Beauty Japan

Diet

Hentikan 5 Kebiasaan Minum Ini Kalau Tidak Ingin Berat Badanmu Naik

Bagi kamu yang sedang diet atau sekedar ingin menjaga bentuk tubuh, sebaiknya mulai sekarang perhatikan lagi kebiasaanmu minum. Cara minum yang salah bisa berakibat buruk pada berat badanmu.

Santi Berlinawati

Ternyata bukan hanya makanan yang menjadi biang kerok berat badan semakin bertambah. Cek apa saja yang kamu minum hari ini! Mungkin saja naiknya berat badanmu bukan karena makanan yang kamu konsumsi. Melainkan karena kebiasaan minum yang salah, seperti 5 kebiasaan minum di bawah ini.

Berlebihan Konsumsi Kopi

Konsumsi kopi sangat bermanfaat untuk meningkatkan performamu di kantor maupun saat berolahraga asalkan kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Minum kopi akan memicu adrenalin sehingga bisa meningkatkan fokus saat bekerja, serta memaksimalkan pembakaran kalori ketika berolahraga. Sayangnya, mengkonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir per hari justru akan memberikan efek sebaliknya. Tubuh akan terasa lelah dan adrenalin tidak bisa didapatkan pada saat kamu membutuhkannya.  

Kopi pahit tanpa gula tidak akan menambah berat badan. Namun kesalahan yang sering dibuat adalah menambahkan gula, susu, sirup, atau creamer ke dalam kopi. Misalnya saja secangkir kecil kopi latte yang dicampur sirup atau susu sudah menambah 250 hingga 300 kalori. Kelebihan 120 kalori saja per hari bisa membuat berat badanmu naik sebanyak 13 pound dalam setahun.   

BACA JUGA: Kopi dan Payudara

Terlalu Banyak Minum Bir

Minum alkohol bisa mengakibatkan kenaikan berat badan, terutama bir. Minum bir dapat menyebabkan perubahan berat badan yang cukup signifikan, atau paling tidak menyebabkan kembung. Selain itu, dorongan untuk minum bir lagi dan lagi membuatmu mengkonsumsi semakin banyak kalori. Jika ingin minum alkohol, sebaiknya pilih champagne, wine, atau soda saja kalau tidak ingin berat badan naik.

BACA JUGA: Manfaat Bir Bagi Rambut

Minum Green Juice

Mendengar kata green juice pastilah identik dengan minuman segar kaya nutrisi yang menyehatkan. Akan tetapi, di balik image “sehat” itu ternyata tersembunyi hal-hal kurang baik. Sebagian besar green juice yang dijual di luar sana sebenarnya adalah jus buah biasa yang dilengkapi spirulina atau bahan lainnya agar terlihat sehat.

Jus-jus tersebut tentu saja mengandung cukup banyak gula, dan akan menimbunmu dengan ratusan kalori hanya dengan sekali minum saja. Untuk mensiasatinya, buat sendiri green juice dengan memasukkan lebih banyak sayuran dibandingkan buah-buahan. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol asupan kalori dari minumanmu.

Kurang Minum

Apakah kamu sudah cukup minum? 6 sampai 12 gelas per hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan harianmu. Jika kurang dari itu, tubuh akan mengirimkan sinyal haus. Sayangnya sinyal haus ini sering disalahartikan sebagai rasa lapar, sehingga yang kamu cari adalah makanan. Akibatnya, konsumsi kalorimu akan semakin bertambah.  

Selain itu, ketika tubuh sudah terbiasa kekurangan cairan, hal itu akan mengganggu kinerja tubuh. Bahkan olahraga yang kamu lakukan pun tidak akan bisa berfungsi maksimal. Selain itu, air ternyata juga merupakan antioksidan yang dapat melindungimu dari radikal bebas. 

Konsumsi Diet Soda

Meskipun ada kata “diet” di sana, diet soda sama buruknya dengan minuman sejenis lainnya. Kandungan pengganti gula di dalam diet soda ternyata tidak dapat mencegah tubuh untuk tetap menghasilkan insulin, yang merupakan hormon penyimpanan lemak.

Di samping itu, pemanis buatan ternyata 300 sampai 600 kali lebih kuat dibandingkan dengan pemanis asli. Karena terbiasa dengan rasa pemanis buatan yang sangat kuat tersebut, maka kamu akan mencari rasa manis yang sepadan dengan menambahkan semakin banyak gula. Hasilnya? Asupan kalorimu naik drastis, dan bersiap-siaplah melihat angka yang lebih besar pada timbanganmu.   

 

So, perbaiki kebiasaanmu minum, dan dapatkan berat badan ideal dalam waktu yang lebih singkat!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait