Foto Inilah Alasan Toilet Jongkok Lebih Baik!

Inilah Alasan Toilet Jongkok Lebih Baik!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Berdasarkan beberapa penelitian, penggunaan toilet jongkok ternyata lebih dianjurkan bila dibandingkan dengan toilet duduk. Kenapa demikian? Yuk cari tahu alasannya.

Ladies, saat ini jenis toilet mana yang biasa kamu pakai? Kalau kamu lebih banyak menggunakan toilet duduk, sebaiknya mulai kamu pertimbangkan lagi. Informasi berikut ini akan mengupas kenapa toilet jongkok lebih baik bila dibandingkan dengan toilet duduk.

Toilet duduk memang terlihat lebih modern. Namun ternyata toilet jongkok memiliki lebih banyak kelebihan yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Ini dia alasannya:

BAB Lebih Mudah

Toilet jongkok memungkinkan timbulnya tekanan yang lebih besar secara alami pada perut, sehingga BAB menjadi lebih mudah. Proses pengeluaran kotoran dapat dilakukan tanpa mengejan secara berlebihan. Pada penggunaan toilet duduk, apalagi jika posisi duduk yang digunakan adalah tegak lurus 90 derajat, proses BAB memerlukan tenaga yang lebih besar.

BACA JUGA: Sering Susah Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya!

Membantu Penderita Wasir

Pada orang-orang yang beresiko atau sudah menderita wasir atau ambeien, toilet jongkok lebih dianjurkan. Pada saat menggunakan toilet jongkok, terjadi kontraksi otot perut yang lebih maksimal sehingga menghasilkan lebih banyak tekanan alami. Dengan demikian, proses BAB lebih cepat selesai.

Di samping itu, pada penggunaan toilet duduk, posisi duduk menyebabkan tekanan dari paha ke bawah sehingga dapat menghambat aliran darah dari bawah ke atas. Hal ini akan memicu terjadinya wasir atau ambeien terutama jika dilakukan terus menerus.

Mencegah Penyakit Pada Usus

Menggunakan toilet jongkok memperlancar pembuangan kotoran secara maksimal dan tuntas tanpa meninggalkan sisa kotoran di dalam tubuh. Pada toilet duduk, tekanan yang dihasilkan sangat sedikit sehingga proses BAB sering tidak maksimal. Sisa kotoran yang tertinggal di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit kanker usus besar. Selain itu, kotoran yang masuk kembali ke dalam tubuh tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada usus kecil.

Menjaga Saraf Panggul Dan Prostat

Kelebihan lain dari penggunaan toilet jongkok adalah dapat menjaga saraf panggul, yang nantinya sangat bermanfaat selama aktifitas seksual. Selain itu juga dapat berperan dalam mengontrol kantung kemih. Terlebih lagi, menggunakan toilet jongkok akan melindungi saraf dan saluran prostat, serta uterus dari kerusakan. 

Lebih Aman Untuk Wanita Hamil

Meskipun menggunakan toilet duduk terlihat lebih nyaman pada saat hamil, namun sebenarnya hal itu dapat menekan rahim sehingga dapat mempengaruhi gerakan janin di dalam perut. Selain itu, beberapa wanita juga mengalami sembelit selama hamil. Penggunaan toilet jongkok lebih tepat karena akan mempermudah kotoran keluar dari perut.

Mencegah Tertularnya Penyakit Kelamin

Toilet jongkok tidak melibatkan kontak langsung dengan dudukan toilet. Sehingga resiko untuk tertular infeksi saluran kencing dan penyakit kelamin lainnya lebih kecil. Pada toilet duduk, kemungkinan perpindahan jamur, virus, dan bakteri sangat besar, apalagi di tempat umum.

Penyakit ringan yang bisa ditimbulkan misalnya saja keputihan dan ayang-ayangan (yang merupakan salah satu tanda infeksi saluran kencing). Pada kasus yang lebih serius bisa menyebabkan infeksi saluran kencing dan mulut vagina, yang dapat berlanjut ke infeksi rongga rahim dan saluran telur.

Selain hal tersebut di atas, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan toilet agar tidak menjadi sumber kuman dan penyakit.

BACA JUGA: Hati-hati Jika Cairan Miss V Berwarna Dan Berbau, Bisa Jadi Ini Gejala Penyakit

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani