Kawaii Beauty Japan

Diet

Cegah Berat Badan Naik Saat Lebaran

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H ladies dan seluruh muslim di dunia. Takut berat badan naik saat lebaran? Mending baca tips di bawah ini ladies!

Inka Rahmawati

Lebaran dengan menyajikan berbagai menu makanan, jajanan dan minuman manis sudah menjadi tradisi. Terutama opor ayam, rendang dan berbagai makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi yang telah menjadi menu khas saat lebaran tiba. Sudah menjadi rahasia umum jika makan makanan berlemak, berkalori dan berkarbohidrat tinggi dapat menjadi penyebab berat badan naik jika makan berlebihan. 

Sayangnya hampir tidak mungkin untuk kamu menghindari menu-menu yang menggiurkan tersebut, tapi ingat ladies jangan sampai kamu menyesal setelahnya karena berat badan yang bertambah. Berikut ini tips untuk kamu mencegah berat badan naik saat lebaran:

Pintar Memilih Menu Makanan

Berkunjung ke tempat saudara atau kerabat sudah menjadi aktifitas rutin saat lebaran. Tentu saat berkunjung akan banyak sekali makanan yang dihidangkan. Eits, tetap kontrol ya ladies, jangan lapar mata! Yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi makanan berlemak dan bersantan. Kurangi gorengan dan makanlah daging yang benar-benar bebas dari lemak, serta kurangi kuah santan. Atau jika ada, makanan yang di steam, panggang atau direbus mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus.

BACA JUGA: Cara Makan Sehat Yang Disarankan Para Ahli​

Stop Makan Berlebihan

Banyaknya pilihan makanan dan minuman manis yang ada saat lebaran, tentu akan membuat tergiur untuk mencobanya satu per satu. Untuk menghindari makanan berlebihan, sebaiknya berhentilah makan dan minum sebelum kamu merasa kenyang.

Hidangkanlah Menu Sehat di Rumah

Siapa bilang lebaran harus menyajikan opor dan masakan bersantan lainnya? Yuk mulai berkreatifitas dengan menu makanan yang lebih sehat! Banyak menu sehat  berbahan dari sayuran, buah-buahan dan daging bebas lemak, jika masakan bersantan adalah menu wajib lebaran, mungkin menu sehat ini bisa menjadi temannya. Bosan juga kan tiap berkunjung di sungguhi dengan menu yang sama.

Perbanyak Minum Air Putih

Minuman manis jenis apapun pasti ada saat lebaran, tinggal pilih mana yang menjadi favoritmu. Tapi tunggu dulu ladies! Jangan lupakan air putih ya. Minuman yang manis dan berkalori tinggi tentu akan menyebabkan kadar gula darah naik, jadi perbanyak minum air putih akan berdampak lebih baik untuk tubuh.

BACA JUGA: 7 Manfaat Dahsyat Minum Air Putih di Pagi Hari​

Atur Pola Makan

Setelah satu bulan penuh berpuasa, tentu akan membuat kita ingin menikmati makanan sepuasnya saat hari kemenangan tiba. Jika kamu ingin menjaga berat badan dan tetap bisa menikmati berbagai makanan saat lebaran, cobalah kurangi porsi makanmu. Makan sedikit-sedikit namun sering (4-5 kali sehari) akan lebih baik daripada sekaligus dengan porsi yang banyak.

Tetap Aktif dan Berolahraga

Ini nih yang penting juga, jangan sampai tinggalin olahraga ya ladies meskipun sedang lebaran. Meskipun lebaran sering disibukkan dengan berkunjung ke rumah kerabat, sanak saudara, tetap luangkan waktu untuk berolahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya.

BACA JUGA: Ingin Sehat dan Bugar, Tapi Tidak Punya Waktu? Coba 7 Jalan Pintas Ini!​

Sekian tipsnya, jangan ragu untuk mencobanya ya ladies! Tetap cantik, tetap sehat saat lebaran.

 

 

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait