Awas, 3 Penyakit Ini Paling Mematikan Bagi Wanita

Kesehatan adalah aset yang sangat berharga. Masalah kesehatan tidak hanya mengganggu aktivitas, namun juga dapat menyebabkan kematian, seperti 3 penyakit berikut ini yang sangat mematikan bagi wanita.


Serangan Jantung

Selama ini serangan jantung lebih sering diidentikkan sebagai penyakit yang hanya menghampiri pria saja. Padahal sesungguhnya resiko wanita untuk terserang penyakit ini 10% lebih tinggi dari pria. Serangan jantung terjadi karena aliran darah ke jantung terhenti. Meskipun hanya sesaat, hal ini bisa menyebabkan sel jantung mati dan aliran darah ke seluruh tubuh juga terhenti.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa penyakit ini bisa mengancam siapa pun dan di mana pun, bahkan tanpa tanda-tanda yang cukup berarti. Namun, tanda-tanda yang umumnya ditemui adalah mudah lelah dan berkeringat tanpa melakukan aktivitas berat, nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti tulang dada, bahu, punggung atas, dan leher, serta sesak napas.

Bagi mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat serangan jantung, harus lebih waspada. Begitu juga dengan penderita darah tingi dan diabetes. Segera kunjungi dokter ketika menemukan tanda-tanda yang kurang wajar seperti di atas. Selain itu, tetaplah hindari kebiasaan buruk seperti merokok, stres, dan kurang istirahat.


Santi Berlinawati

Santi Berlinawati