Awas, 3 Penyakit Ini Paling Mematikan Bagi Wanita

Kesehatan adalah aset yang sangat berharga. Masalah kesehatan tidak hanya mengganggu aktivitas, namun juga dapat menyebabkan kematian, seperti 3 penyakit berikut ini yang sangat mematikan bagi wanita.


Kanker Payudara

Ini adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita. Pada penyakit ini, jaringan payudara pada wanita ditumbuhi tumor ganas. Jumlah wanita penderita kanker payudara semakin meningkat dari tahun ke tahun, apalagi di negara maju. Berdasarkan penelitian, dari 9 wanita berusia 85 tahun, 1 di antaranya menderita kanker ini dengan diagnosis rata-rata pada usia 60 tahun. Di Indonesia sendiri, kanker payudara adalah jenis kanker yang mematikan nomor 2 setelah kanker serviks.

Pada umumnya wanita terlambat menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit ini. Untuk itu, penting sekali penggalakan gerakan SADARI agar wanita semakin peduli terhadap kesehatan payudara mereka. Gejala-gejala kanker payudara antara lain adalah berubahnya bentuk dan ukuran payudara, terdapat benjolan yang bisa diraba, adanya cairan seperti nanah atau darah yang keluar dari puting, kerutan-kerutan dan luka di sekitar puting yang sulit disembuhkan. Jika sudah memasuki stadium lanjut, akan menyebabkan penurunan berat badan, nyeri pada tulang, serta lengan bengkak.

SADARI harus rutin dilakukan oleh wanita setiap bulan. Selain itu, pemeriksaan dokter juga wajib dilakukan minimal sekali dalam setahun. Hal ini untuk mencegah penyebaran sel kanker sedini mungkin sehingga hidupnya dapat terselamatkan. Kanker payudara bisa dipicu oleh radiasi, radikal bebas, alkohol, dan gaya hidup lain yang tidak sehat. Bagi kamu yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker, sebaiknya juga lebih waspada.


Santi Berlinawati

Santi Berlinawati