Awas, 3 Penyakit Ini Paling Mematikan Bagi Wanita

Kesehatan adalah aset yang sangat berharga. Masalah kesehatan tidak hanya mengganggu aktivitas, namun juga dapat menyebabkan kematian, seperti 3 penyakit berikut ini yang sangat mematikan bagi wanita.


Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker nomor satu pembunuh wanita di dunia. Ribuan wanita di dunia meninggal dunia akibat kanker yang menyerang bagian mulut rahim ini. Banyak wanita penderita kanker ini yang terlambat mendeteksi keberadaannya karena penyakit ini memerlukan waktu 10 20 tahun untuk berkembang menjadi kanker. Mulanya kanker ini hanya berupa infeksi, sehingga tidak ada tanda-tanda yang berarti pada tahap awal penyakit, kecuali dengan tes pap smear.

Beberapa tanda-tanda yang patut dicurigai dari penyakit ini adalah jumlah darah menstruasi yang berlebihan, keputihan yang tidak wajar, sakit pada saat berhubungan intim bahkan sampai perdarahan, dan sakit saat buang air kecil. Pada stadium yang lebih berat, paha bisa membengkak, berkurangnya nafsu makan hingga berat badan tidak tentu, dan kadang ada perdarahan tiba-tiba.

Kanker mematikan ini disebabkan karena virus HPV. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mendapatkan vaksin HPV sebelum menikah. Virus ini juga sangat mudah berpindah, oleh karena itu wanita yang sering bergonta ganti pasangan sangat rentan terjangkit penyakit ini. Gaya hidup sehat, seperti banyak makan sayur dan buah, menjaga kebersihan, tidak merokok, dan tidak melakukan seks bebas sangat membantu dalam mencegah penyakit ini.


Santi Berlinawati

Santi Berlinawati