Foto Tips Liburan Seru dengan Budget Terbatas Vindy Alyssa

Tips Liburan Seru dengan Budget Terbatas

Foto Vindy Alyssa
Mau liburan seru tidak harus menghabiskan banyak budget kok. Kamu bisa tetap berlibur seru tanpa harus membuat kantong bolong.

Menghabiskan liburan memang paling enak pergi traveling, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan traveling kita bisa melepas stress dan menambah pengalaman baru.  Pergi berlibur tidak selalu harus mengeluarkan budget yang banyak lho! Dengan budget yang terbatas, kamu juga bisa menyiasati pengeluaran untuk liburan.

6 Tips Liburan Seru dengan Budget Terbatas

Apakah memungkinkan untuk traveling dengan budget seminim mungkin? Nah simak tips dari Vindy dibawah ini ya!

1. Tentukan Negara dan Tujuannya

Untuk menentukan tujuan berlibur, tentukan dulu negara yang kamu ingin kunjungi. Jika kamu baru pertama kali akan pergi ke luar negeri, alangkah baiknya jika memulai dari negara-negara ASEAN ataupun Jepang. Karena negara ASEAN membebaskan visa untuk WNI, dan Jepang memberikan kemudahan visa gratis bagi pemilik e-paspor. Negara lainnya yang membebaskan visa untuk WNI memang masih banyak, cuma banyak yang letaknya jauh dan tiket pesawatnya mahal.

Tentukan juga tujuan utama wisatamu. Misalnya ingin bermain ski saat winter di Hokkaido, berbelanja saat Malaysia Mega Sale Carnival di Kuala Lumpur, atau merasakan kemeriahan Songkran Festival di Bangkok. Dengan menentukan tujuan utama, akan mempermudah kamu untuk menentukan dimana kamu akan memesan hotel. Misalnya kamu ingin mengikuti Songkran Festival di Bangkok, biasanya Songkran Festival paling ramai berada di Khaosan Road. Jadi sebaiknya memesan hotel di sekitar Khaosan Road ataupun hotel terdekat yang memiliki akses bus dan MRT yang mudah.

2. Hindari Peak Season

Libur akhir tahun pastinya wajib dihindari, karena harga tiket pesawat dan penginapan akan menjadi sangat mahal di akhir tahun. Begitu pula dengan long weekend, biasanya banyak tiket pesawat harganya menjadi mahal saat long weekend. Jika kamu memang kekeuh ingin long weekend, incarlah tiket pesawat dari jauh hari.

Harga tiket pesawat terbaik biasanya ada saat weekdays. Pada weekdays biasanya lebih sepi karena jarang peminat, selain itu kamu bisa merasakan indahnya berlibur disaat temanmu lagi sibuk ngantor lho hehehe.

3. Siapkan Dana Dadakan

Mungkin di beberapa artikel wisata lainnya banyak yang menyebutkan kalau beli tiket saat travel fair akan mendapatkan harga terbaik. Ga selalu benar begitu lho! Aku mendapatkan tiket pesawat ke Jepang saat travel fair seharga IDR 6,5 jutaan. Sedangkan saat aku beli dadakan tanpa promo bisa dapet sekitar IDR 5,3 juta. Justru sepanjang pengalamanku traveling, tiket dengan harga terbaik ada di saat tidak terduga lho. Jadi lebih baik siapkan dana dadakan untuk membeli tiket pesawat.

4. Cari Akomodasi Termurah

Selalu bandingkan penginapan mulai dari Airbnb, Hostelworld.com, Agoda, ataupun website pemesanan hotel lainnya. Biasanya ada beberapa website yang menawarkan referral code ataupun diskon untuk pemesanan pertama kali, pastikan untuk menggunakan kesempatan ini ya. Selain memilih lokasi yang dekat dengan akses bus ataupun MRT, bandingkan juga antara ongkos bus dan MRT. Jangan biasakan dirimu dengan bermanja untuk naik taksi ya!

5. Bawa Bumbu Masak

Memilih penginapan dengan fasilitas dapur juga bisa menghemat pengeluaranmu untuk makan lho! Kalau di penginapan yang kamu pesan disediakan dapur, jangan lupa bawa bumbu masak ataupun makanan instan dari Indonesia ya. Lumayan lho uangnya bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya. Apalagi kalau kamu concern banget dengan makanan halal, dan susah mencari makanan halal di negara tersebut. Kecuali kalau tujuanmu keluar negeri memang ingin wisata kuliner dan bisa makan apapun selain makanan halal ya.

6. Beli Uang Asing Secara Cicil

Aku selalu percaya hal ini, kalau aku sudah punya uang negara tersebut pasti aku akan bisa berwisata ke negara tersebut. Tujuannya adalah memicu diri sendiri untuk konsisten nabung beli tiket pesawat dan mempersiapkan dana selama disana. Selain itu keuntungan dari mencicil beli uang asing sebelum membeli tiket pesawat adalah, kamu bisa mendapatkan rate terbaik. Karena biasanya rate mata uang asing sering naik tak terduga, jadi lebih baik beli uang asing saat ratenya masih murah. Ga perlu beli langsung banyak kok, dicicil aja sedikit demi sedikit.


Semoga tips ini bisa membantu kamu untuk merencanakan liburan impianmu ya. Have a nice holiday! ;)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2018 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini