Foto Stephanie Vheii, Blogger Keturunan Hongkong yang Tomboy Stephanie Vheii

Stephanie Vheii, Blogger Keturunan Hongkong yang Tomboy

Foto Stephanie Vheii
Siapa sangka, beauty blogger yang satu ini awalnya tomboy lho, ladies!

Mengawali karir menjadi seorang beauty blogger pasti awalnya memiliki hobi make up dan biasanya passionate di bidang make up, sehingga akhirnya memutuskan untuk membagi pengalaman dan tips make up kepada banyak orang. Namun, tidak begitu dengan blogger, Stephanie Vheii. Siapa sangka wanita cantik pemilik blog pastellorivoluzione.com ini dulunya tomboy dan seorang gamers sejati lho! Yuk, kenal lebih dekat dengan blogger cantik keturunan Hongkong ini, ladies!

Hai Vhei! Ceritain dong tentang diri kamu!

Hola KBJ! Thanks for dropping by. Aku Stephanie Vheii biasanya dikenal sebagai Vheii. Awal mula ada nama panggilan ini karena saat baru pindah balik dari Hong Kong, dan ga ada kerjaan, sekolah juga belum mulai, aku anaknya ga bisa diem deh. Mumpung jaman itu masih banyak forum game dan Jejepangan bertebaran dan aku suka banget gabung ke komunitas “terjerumuslah” aku ke komunitas cosplay juga. Dimana dulu saat gabung di komunitas cosplay rasanya lebih afdol aja kalau ada nickname maka tercetus lah nama Vheii. Aku itu anaknya tomboy banget deh, dari cosplay nggak cuman dapet temen tapi karena ingin bisa menampilkan seorang karakter, aku harus bisa make-up. Mau bikin kostum juga mahal.

Nah, dari situ lah aku mulai penasaran dan karena pengen irit juga aku mulai cari tahun dan belajar sendiri. Awalnya make-up lalu lanjut ke kostum, dari kostum eh ternyata tertarik banget ke fashion dan lagi-lagi karena aku suka banget gabung ke suatu komunitas/forum, mulailah aku nge-blog sampai akhirnya terjun ke dunia beauty blogging sambil kuliah fashion. Singkat cerita karena aku ingin banget fashion and beauty sebagai bagian dari hidupku, jadilah aku bekerja sebagai Project Planner, kebetulan saat di forum dulu aku juga seorang EO (Event Organizer). Rasanya seneng banget bisa ngatur acara dan kegiatan untuk sesuatu yang kusukai sambil nge-blog tentang beauty dan terima order jahitan juga.

Sudah berapa lama kamu menjadi blogger?

Berawal dari dulu saat pindah ke Hong Kong, berhubung koneksi disana cepet aku bisa download berbagai macam game. Karena penasaran dengan game lain, pernah ada suatu ketika aku ke blog temenku dan rasanya seru banget me-review game tersebut sambil diskusi juga di komen blog dengan sesama fans. Awalnya dari cuman komen saja terus saat download game tersebut “eh demen nih, duh pingin tulis deh”. Ya, tercetus untuk membuat blog review game dan anime di tahun 2007. Dari sana sempet ganti-ganti platform juga seperi Livejournal dimana aku menjadi fangirls, menambah komunitas, belajar photoshop dan berlanjut hingga sekarang deh, jadi beauty and lifestyle blogger.

Ceritain dong tentang blog kamu! 

Kalau ibarat makanan, bagai capcay. Blog aku tuh awalnya campur aduk semuanya juga ada sampai suatu ketika aku ngerasa berantakan banget dan ingin lebih fokus ke beauty karena kondisi kulit yang berubah seiring berjalannya umur, lumayan juga ada blog ini sebagai dokumentasi sekaligus tempat latihan berbahasa inggris. Aku suka banget belajar bahasa dan yang namanya bahasa harus lebih sering latihan. Rasanya suatu kepuasan aja kalau tutur bahasa aku bisa menarik tapi buruk sekarang kalau diminta ngeblog bahasa Indonesia, jadi susah mengekpresikannya. Makanya sekarang untuk produk lokal aku menggunakan bahasa Indonesia supaya nggak lupa sama rumah juga.

Kamu kan pernah tinggal cukup lama di Hongkong, menurut kamu adakah perbedaan make up dan fashion antara Indonesia dan Hongkong?

Perbedaan banyak banget! kalau di Hong Kong semacam seperti Jepang versi kecil karena pergerakan disana cepat banget dan mereka up-to-date. Di Jepang di drug store-nya update dengan barang-barang yang sedang terkenal apa, di Hong Kong juga. Tidak hanya di Jepang sih, bahkan brand International lainnya juga. Bahkan untuk beberapa brand mereka punya edisi khusus Hong Kong.

Kalau untuk fashion sendiri, karena pergerakan yang cukup cepat juga, kalau di runway sedang trend apa, nggak berapa lama style fashion tersebut bisa dibeli di Ladies Market dengan harga yang terjangkau. Memang ada beberapa fashion enthusiast yang "ngejar" banget sehingga memilih untuk membeli style serupa ketibang nama brand karena begitu lewat tren sudah lewat, nggak akan terpakai lagi. Namun, ada juga yang rela beli aslinya karena suka mix and match atau nantinya bisa mereka jual lagi.

Menjadi blogger yang punya darah Hongkong dan Indonesia, menurut kamu ada keuntungan tersendiri nggak? Atau malah ada tantangannya?

Kalau dari segi keuntungan rasanya nggak deh karena kalau menurutku sekarang itu segala jenis info bisa kita dapatkan selama ada internet tapi kalau tantangan sih malah ada. Aku nggak bisa nulis mandarin! Aku pengen banget bisa nulis mandarin di blog aku karena ingin mengenalkan produk lokal aja sih. Sekarang kan Indonesia uda mulai banyak keluaran lokal dengan cita rasa international. Lalu, pengen memperluas komunitas ke sana aja. Memang banyak blogger Hong Kong yang bisa bahasa Inggris tapi rasanya enak aja bisa ngobrol dengan bahasa Ibu seperti yang aku lakukan sekarang ini.

Kalau melihat dari Instagram dan blog kamu sepertinya kamu pernah kuliah desain ya? Apa ada keuntungannya memiliki background dibidang fashion dengan menjadi blogger saat ini?

Ini bukan aku sih tapi kalau misalkan lebih aktif lagi dalam memposting portfolio fashion dan OOTD kamu, memang ada kesempatan kamu diundang menjadi guest editor majalah atau bahkan stylist juga. Terkadang tidak hanya fashion event tapi bahkan private showcase dari seorang designer juga. Dulu saat masih kerja di industri fashion hal seperti ini sering aku liat karena memang semakin kesini semakin power of social media as a starter / portfolio.

Selama menjadi blogger apa ada pengalaman lucu selama ini? Apakah kamu banyak mengenal orang sekarang?

Yap! Itulah mengapa aku suka banget gabung ke suatu komunitas bisa kenal orang dari berbagai macam kalangan and listen to their stories! selama ini aku belajar banyak banget dari orang-orang sekitarku. Jadi kalau ditanya siapa inspirasi, itu pas orang-orang sekitarku bukan artis ataupun figur terkenal lainnya (ada sih tapi bukan inspirasi utama gitu). Dari mereka pula aku dapat pengalaman yang nano-nano deh rasanya. Mulai dari muka ketawa lepas ketangkap masuk majalah sampai, yang paling sering dan masih bikin lucu, aku sering dikira sombong karena muka jutek ini padahal mah emang uda bawaan dari sananya begitu!

Apa achievement terbesar kamu selama menjadi blogger?

Perjalananku sebagai blogger sebenarnya standard aja sih jadi kalau ditanya achievementnya apa memang tidak terlalu besar. Tapi, seneag sih dari achievement tersebut bisa nambah pengalaman dan berguna untuk karir aku sekarang seperti dulu aku pernah menjadi guest speaker untuk Hada Labo di Japan Beauty Week dan Favourite Winner Fashion Writing Competition by BBLOG. Achievement terbesar menurutku adalah saat ada brand datang tidak hanya mengajak kerja sama tapi kita ngobrol juga mengenai brand tersebut dan senengnya terkadang mendapat info bocoran. Sebagai blogger aku seneng banget rasanya karena seakan I’m part of it dan sebagai Project Planner jika diperbolehkan aku pengen banget turut serta bikin konsep untuk acara mereka sehingga bisa menjadi acara yang menarik!

Apa trik kamu agar tetap bisa menulis ditengah-tengah kesibukan menjadi blogger dan padatnya kegiatan?

 

Let all you do be done by love - 1 Corinthians 16:14 #vheiiの日記

A photo posted by ♚フェイ♚ (@vheii) on

Pastikan kamu punya waktu saat weekend! maksudnya punya waktu disini adalah pastikan weekend kamu tidak bekerja karena istirahat alias tidur itu penting banget pake kuadrat dan tergantung kamunya juga sih. Kalau aku, menurutku aku itu orangnya harus variatif nggak bisa kegiatan monoton karena cepat bosen. Makanya Senin-Jumat aku kerja kantoran, Sabtu istirahat males-malesan buat kumpul tenaga, brainstorming konsep foto, blog, intinya mensortir kegiatan / kerjaan begitu masuk Minggu pagi aku lakukan apa yang bisa dilakukan.

Begitu masuk Minggu sore saatnya waktu bareng keluarga dan teman. Jadi, hal terpenting menurutku adalah komitmen, istirahat dan membuat list apa yang ingin dilakukan terlebih dahulu karena memang terkadang kita sibuk banget tapi sebenarnya kalau kita tau prioritas kita yang mana dan harus bagaimana, pasti ada cela dimana kita bisa melakukan aktifitas lainnya. Tapi terkadang rasa malas pasti datang disaat kita dituntut untuk produktif. Disitulah saatnya kita harus memecut diri karena komitmen :)

Apa pesan kamu untuk orang yang baru mencoba untuk menulis dan menjadi beauty blogger?

Explore and be curious! Rasa penasaran itu penting banget karena dari penasaran kita pasti mencoba atau mencari tau bagaimana melakukan dan mendapatkan sesuatu (bisa itu kualitas menulis, foto produk, angle foto, tampilan blog, dan lain-lain) tapi yang paling pasti adalah jangan takut ataupun malu-malu apalagi sekarang komunitas blogging juga semakin membesar dan banyak hal-hal menarik juga dari brand! kalau dulu beauty event untuk blogger sebulan cuman satu sampai dua kali dan juga belum lagi cari temen antar kota masih sedikit, tapi sekarang rasanya dari semua umur punya blog dan vlog!

Hal yang paling penting pastinya stay passionate about what you do! Kamu harus suka banget dengan hal yang kamu lakukan entah itu kuliah, kerja, blogging maupun vlogging. Karena kalau kamu suka banget mau itu seberapa sulit, ngeselin atau ngebosenin pasti bakal susah untuk berhenti atau bahkan kamu ga mau berhenti dan cari cara/inovasi lainnya.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2018 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini