Kawaii Beauty Japan

Health

Yuk, Jaga Daya Tahan Tubuhmu Selama Musim Hujan dengan 6 Kebiasaan Ini!

Musim hujan sudah tiba, saatnya kamu lebih menjaga kesehatan karena musim hujan sangatlah rentan terserang berbagai penyakit dan daya tahan tubuh gampang menurun. Yuk cegah dengan cara mudah ini!

Meydiana Widyaningsih

Musim hujan merupakan musim dimana kesehatan jadi lebih mudah menurun sehingga lebih gampang terserang penyakit. Tahukah kamu kenapa musim hujan membuatmu jadi lebih gampang sakit dan daya tahan tubuh juga gampang menurun? Itu karena pada saat musim hujan, kelembapan menjadi lebih tinggi sehingga membuat virus dan bakteri berkembang biak lebih banyak sehingga cenderung membuatmu jatuh sakit.

Selain faktor cuaca, faktor gaya hidup dan pola makan sehari-hari juga menjadi salah satu alasan mengapa daya tahan tubuh lebih mudah menurun dan gampang sakit di musim hujan. Nah, supaya kamu tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap prima selama musim hujan, coba deh lakukan cara-cara mudah di bawah ini.

Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Ini adalah salah satu cara mudah supaya kamu bisa tetap menjaga kesehatan dan daya tubuh. Buah-buahan yang mengandung vitamin C sangatlah mudah dijumpai dan mengonsumsinya pun tidak perlu ribet. Kamu bisa jadikan cemilan buah atau bekal makanan untuk kamu bawa ke kantor. Vitamin C bisa membantu menjaga imunitas tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Konsumsi Minuman Hangat

Cuaca dan angin dingin pada musim hujan juga membuat tubuhmu kedinginan dan menjadi lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan virus seperti influenza. Cara mudah mengatasi masalah kesehatan ini adalah sering mengonsumsi minuman hangat seperti teh hijau atau wedang jahe agar suhu tubuh tetap hangat.

Jangan Lupa Bawa Payung Atau Jas Hujan!

Terlalu sering kehujanan juga bisa membuat daya tubuh menjadi menurun dan kamu akan jatuh sakit. Apabila kamu ingin keluar rumah seperti ingin berangkat kuliah atau kerja, jangan lupa untuk selalu membawa payung atau jas hujan agar tubuh terlindungi dari hujan.

Jangan Bergadang

Buat kamu yang sering banget bergadang, sebaiknya hindarilah kebiasaan ini apalagi selama musim hujan jika kamu tidak ingin terserang penyakit. Tetap terjaga pada malam hari tentunya mengurangi waktu istirahat idealmu sehingga tubuh akan terus merasa lelah dan virus akan lebih mudah menyerang tubuh yang sedang lemah akibat kelelahan.

Menjaga Kebersihan

Tendengar sepele tapi ini adalah cara ampuh, mudah dan penting dalam mencegah penurunan daya tahan tubuh selama musim hujan karena biasanya lingkungan akan lebih mudah kotor akibat hujan. Pastikan kamu selalu mencuci tangan dan kaki apalagi jika kamu habis pergi keluar rumah supaya kuman yang menempel bisa hilang.

Konsumsi Air Putih Secara Rutin

Selama musim hujan, cegahlah penurunan daya tahan tubuh dengan rajin mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Utamakan meminum air putih di waktu pagi hari ketika kamu baru terbangun dari tidur. Dan hindarilah mengonsumsi air putih dalam keadaan dingin. Hindarilah juga konsumsi minuman alkohol atau soda selama musim hujan.

Bagaimana? Menjaga kesehatan diri sendiri itu sangatlah penting terutama selama musim hujan. Semoga kebiasaan sederhana di atas bisa membantumu tetap fit selama musim hujan ya, ladies!

Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait