Kawaii Beauty Japan

Makeup

Sesuaikan Jenis Foundation dengan Kulitmu! Simak Triknya

Memilih foundation tidak bisa sembarangan. Simak triknya agar makeup di wajahmu tidak luntur.

Leonita Nerisa

Alas bedak atau yang lebih umum dikenal dengan foundation adalah produk make up yang sangat penting. Foundation seringkali digunakan untuk menyempurnakan kulit wajah yang tidak rata. Tetapi, untuk memilih foundation yang tepat akan seringkali kebingungan terutama untuk kamu yang baru saja memulai menggunakan make up. Banyak pilihan warna, tekstur, dan fungsi yang ditawarkan di pasaran yang tentunya akan membuat kamu semakin bingung! Yuk, simak trik memilih jenis foundation yang tepat untuk kulitmu.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Menyesuaikan dengan jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, pilih foundation yang bertekstur krim atau cair dan kalau bisa yang mengandung pelembap. Untuk kulit yang berminyak dapat menggunakan foundation padat dengan efek matte sedangkan untuk kulit kombinasi dapat menggunakan foundation yang bertekstur padat atau cair dengan kandungan air setidaknya diatas 55%.

Sesuaikan dengan Pilihan Finishing

Menyesuaikan dengan finishing

Tidak semua foundation mempunyai hasil finishing yang sama dan pemilihan finishing ini juga tergantung kamu si pemakai, untuk kamu yang menyukai tampilan natural, foundation cair atau krim adalah pilihan yang tepat. Foundation tipe ini memberikan hasil finishing yang seperti kulit alamimu (minus noda-noda yang tidak diinginkan tentunya) dibandingan foundation foundation padat. Jika kamu lebih suka untuk hasil yang sangat coverage, gunakan foundation padat guna menutupi jerawat dan pori-pori. Aplikasikan menggunakan spons untuk hasil yang lebih maksimal, selain itu foundation tipe ini juga dapat digunakan untuk touch up ketika sudah berada di luar rumah.

Sesuaikan dengan Cuaca

Menyesuaikan dengan cuaca

Fungsi yang terkandung dalam foundation adalah cara yang tepat untuk menyesuaikan foundation, kulit, dan cuaca. Ketika berhubungan dengan cuaca yang panas dan tingkat kelembapan yang lumayan tinggi, pori-pori menjadi lebih mudah terlihat dan make up cenderung cepat luntur, untuk itu pilihlah foundation yang dapat bertahan lama yang dapat mencegah minyak dan keringat (waterproof atau oil-proof) dan mengandung SPF.

Nah, itu dia trik untuk memilih jenis foundation yang sesuai dengan kulitmu. Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk memilih warna foundation yang sama dengan warna kulitmu. Jangan pilih warna yang lebih gelap atau lebih terang jika tidak mau make up-mu terkesan terlalu putih atau terlalu gelap seperti sedang memakai topeng.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait