Kawaii Beauty Japan

Makeup

Tips Merawat Kosmetik Tetap Awet

Produk kosmetik yang kamu gunakan selama ini cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi sebelum masa berlakunya habis? Wah, sebaiknya cek deh beberapa tips berikut ini agar kosmetikmu lebih awet.

Istiarina Putri

Ladies, kosmetik yang setiap hari kamu gunakan tentunya memerlukan perawatan layaknya kulitmu. Kamu perlu menjaganya agar dapat digunakan dengan maksimal tanpa memberikan dampak buruk pada kulitmu. Selain perlu mengetahui masa kadaluwarsanya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara merawatnya.

Berikut ini tips untuk merawat kosmetikmu agar tetap awet.

Jaga Kebersihan Alat Kosmetikmu

Seperti kata pepatah, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Dengan menjaga kebersihan alat kosmetikmu, maka kamu telah sekaligus merawat kesehatan kulitmu. Semahal apapun kosmetikmu, akan tetap percuma jika tidak dijaga kebersihannya. Salah satu alat kosmetik yang harus kamu perhatikan kebersihannya adalah kuas.

Jika kamu menggunakan kuas dari bahan sintetis, bersihkanlah setiap dua kali sehari dengan cairan pembersih makeup mata atau sabun pencuci wajah. Jika kamu menggunakan kuas tersebut untuk berbagai macam warna, cucilah kuas sebelum kamu gunakan kembali agar warna yang dihasilkan tidak bercamur dengan warna sebelumnya yang masih menempel.

Sedangkan untuk kuas yang terbuat dari bulu alami, kamu bisa mencucinya sekali dalam sebulan tergantung pada tingkat pemakaiannya. Cucilah kuas dengan menggunakan sampo, dan bilas dengan air hangat. kemudian keringkan dengan handuk atau kain bersih.

BACA JUGA: Tips Membersihkan Kuas Make Up

Perhatikan Tempat Penyimpanan

Hindarilah menyimpan kosmetikmu di dalam kamar mandi yang lembab, dan membawanya dalam tas. Karena kamu tidak tahu suhu di dalam tas, seperti jika kamu pergi ke pantai, atau meninggalkannya dalam mobil. Hal ini bisa membuat kosmetikmu meleleh dan kehilangan fungsinya secara perlahan.

Lakukan Pertolongan Pertama

Kamu bisa melakukan pertolongan pertama pada beberapa kosmetikmu, seperti lipstik pensil atau pensil alis. Jika pensil alis dan lipstik pensilmu sudah terlihat mulai lembek, kamu bisa coba dengan memasukannya ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih setengah jam sebelum diserut.

Itu dia beberapa tips agar peralatan kosmetikmu bisa bertahan lama dan memberikan perawatan yang maksimal. Selamat mencoba ladies!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait