Kawaii Beauty Japan

Makeup

Tips Makeup untuk Pengguna Lensa Kontak

Sulit ber-makeup saat menggunakan lensa kontak? Kamu tidak perlu khawatir, cukup ikuti tips makeup mudah untuk kamu pengguna lensa kontak!

Inka Rahmawati

Kacamata adalah salah satu alat untuk membantu penglihatan, tapi rasa capek dan malas saat menggunakan kacamata pasti pernah di rasakan oleh penggunanya. Saat ini menggunakan lensa kontak adalah salah satu cara untuk menggantikan fungsi dari kacamata. Selain membantu penglihatan kita juga bisa tampil cantik dengan lensa kontak, memperlihatkan bulu mata dan riasan yang indah tanpa ada penghalang seperti saat memakai kacamata.

BACA JUGA: Traveling Nyaman, Kacamata atau Lensa kontak?

Tapi jangan salah lho menggunakan makeup saat memakai lensa kontak ternyata tidak semudah kelihatannya. Berikut ini adalah tips makeup untuk kamu yang gemar menggunakan lensa kontak!

Bersihkan Wajah dan Tangan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah dan tangan. Hal ini penting dan wajib dilakukan untuk menghindari sisa krim atau kotoran pada tangan yang bisa membuat mata iritasi dan terinfeksi. Hal ini tidak hanya berlaku untuk penggunakan lensa kontak saja, tapi juga untuk berlaku untuk kamu yang tidak menggunakan lensa kontak. Ingat ya ladies, mata adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif!

Lensa Kontak Sebelum Makeup

Sebelum mengaplikasika makeup, sebaiknya kamu menggunakan lensa kontakmu terlebih dahulu. Selain menghindari makeup-mu rusak saat menggunakan lensa kontak, hal ini juga penting untuk menjaga kebersihan lensa kontakmu dan tentunya kamu bisa merias wajah dengan pengelihatan yang lebih jelas bukan?

Gunakan Produk Bebas Minyak

Hipoalergenik atau produk bebas minyak menghindarkan dari resiko iritasi mata dan lebih mudah dibersihkan. Saat mengoleskan pelembab krim di wajah, jangan mengoleskannya berlebih pada area mata karena dapat merusak makeup dan mungkin akan meninggalkan noda pada lensa kontak.

Pilih Makeup Bertekstur Ringan

Foundation berbahan dasar mineral dan eyeshadow berupa krim atau loose powder yang sedikit dicairkan adalah pilihan yang tepat. Saat menggunakan bedak, sapukanlah dengan hati-hati dan tutuplah mata agar serbuk bedak tidak masuk ke mata.

Maskara dan Eyeliner yang Tepat

Pilih maskara bebas serat, tahan air dan anti alergi. Berhati-hatilah saat memakainya, jangan terlalu dekat dengan bulu mata agar tidak mengganggu lensa kontak dan menghindari iritasi. Eyeliner berbentuk pensil atau spidol yang lembut dan tahan air adalah pilihan terbaik dibandingkan eyeliner cair.

BACA JUGA: Makeup Untuk si Kacamata

Lensa kontak

Selain beberapa cara makeup di atas, ada beberapa hal lain yang juga perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Hindari pemakaian hairspray, jika terpaksa, pastikan tutup matamu saat penggunaan dan tunggu beberapa saat sebelum membuka mata.
  • Jangan lupa untuk melepas lensa kontakmu, sebelum membersihkan riasan ataupun sebelum tidur.
  • Jauhkan lensa kontak dari cat kuku, parfum dan benda-benda lainnya yang berbau tajam karena akan merusak lensa kontak.
  • Pastikan tanganmu dalam keadaan bersih saat akan memasang atau melepaskan lensa kontak.

Menggunakan lensa kontak memang bisa membantu kamu pengelihatanmu dengantetap tampil sempurna. Namun ingat, bahwa banyak hal yang perlu kamu perhatikan dan jangan biarkan penggunaan lensa kontak yang salah merusak mata indahmu.  

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait