Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Spa Tradisional Boreh: Solusi Cemerlang Mengatasi Masuk Angin

Musim hujan tiba, masuk anginpun melanda! Ini dia solusinya!

Wikan Saputri

Di musim hujan yang dingin seperti ini, masuk angin sering menjadi tamu yang tak diinginkan yang mengganggu jalannya aktivitas harianmu. Masuk angin yang diiringi dengan flu ringan, batuk, sakit kepala dan meriang ini pun sangat menyiksa karena meskipun bukan penyakit yang tergolong serius, masuk angin ternyata berdampak pada produktivitas seseorang.

Nah, untuk mengatasi kondisi kesehatan tubuh yang tidak nyaman ini ada salah satu jenis spa yang bisa menjadi solusi cemerlang untuk mengusir masuk angin dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Penasaran seperti apa spa tradisional ini? Yuk intip ulasan berikut!

Spa Tradisional Boreh 

Spa boreh merupakan spa yang menggunakan ramuan-ramuan tradisional yang berupa kencur, jahe, cengkih, temulawak, cendana, dan rempah-rempah tradisional lain untuk dilulurkan (diboreh) ke seluruh tubuh agar memberikan efek hangat yang menyeluruh di dalam tubuh. Spa jenis ini sangat efektif untuk meredakan masuk angin dan menjaga kondisi tubuh untuk tetap hangat di musim penghujan seperti ini. Tarif yang dipatok untuk menikmati spa boreh inipun sangat terjangkau yaitu mulai dari 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Buat Sendiri Spa Boreh di Rumah

Jika kamu tidak sempat bepergian ke tempat spa, kamu dapat juga membuat sendiri ramuan boreh dan menggunakannya di rumah. Karena selain dapat menghangatkan tubuh, membuat ramuan boreh inipun tidaklah terlalu sulit.

Caranya hanya dengan menyiapkan rempah-rempah sebagai bahan bakunya:

  • 100 gram beras,
  • 100 gram cengkih,
  • 100 gram kapulaga,
  • 100 gram jahe,
  • 100 gram kencur
  • 5 gram kunyit,
  • 5 butir biji pala,
  • 1 sdt lada hitam,
  • 1 sdt garam,
  • 1/2 butir kelapa,
  • 50 gram kayu manis,
  • 50 gram ketumbar

Untuk membuat ramuan boreh ini, masukkan satu per satu semua bahan kemudian tumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk. Untuk mempermudah, dapat juga dimasukkan dalam blender atau alat penggiling lain.

Cara Memakai Ramuan Boreh

Cara pemakaian ramuan boreh ini pun juga sangat mudah yaitu hanya dengan menyampurkan ramuan boreh dengan air secukupnya kemudian balur ke seluruh permukaan tubuh, lalu selimuti tubuh dengan menggunakan plastic dan kain yang berguna untuk menjaga sensasi hangat yang kemudian akan meresap ke dalam tubuh. Setelah 30 menit, basuh tubuh dengan air hangat dan rasakan sensasi rileks dan hangat di sekujur tubuhmu. Selain dapat mengusir masuk angin, ramuan boreh juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Nah, itulah spa boreh yang bisa jadi solusi jitu atasi masuk angin dan bisa menghangatkan tubuh di musim hujan seperti ini. Bisa dilakukan di tempat spa maupun di rumah. So, tertarik untuk mencoba, ladies?

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy