Kawaii Beauty Japan

Makeup

Simak 6 Cara Membersihkan Wajah dari Makeup Waterproof yang Perlu Kamu Coba

Makeup waterproof memang dibuat agar lebih tahan lama dan tidak mudah luntur ketika terkena air. Namun konsekuensinya, makeup ini lebih susah dihilangkan. Gimana sih solusinya?

Santi Berlinawati

Make up waterproof saat ini memang banyak menjadi pilihan. Hal ini karena jenis make up ini tahan lama, bahkan meskipun terkena keringat sekalipun. Jika kamu adalah seorang yang yang sibuk dan malas untuk touch up make up kamu, make up waterproof bisa menjadi pilihan agar make up kamu bisa tahan lama. Banyaknya make up yang saat ini waterproof memang sebenarnya bisa sangat diandalkan.

Sayangnya, maskara waterproof sangat sulit untuk dihilangkan karena formulanya yang kuat dan bandel. Tapi, kini kamu tak perlu khawatir karena ternyata kamu bisa menghapusnya dengan mudah, bahkan tanpa makeup remover. Tak hanya maskara, namun juga berbagai macam make up waterproof lainnya. Bagaimana caranya? Yuk simak!

6 Cara Membersihkan Wajah dari Makeup Waterproof yang Perlu Kamu Coba

Menggosok-gosokkan kapas ke wajahmu dengan kasar malah akan membuat wajahmu menjadi rusak lho, ladies!

1. Air Hangat

Air hangat

Air hangat bisa kamu gunakan sebagai langkah awal untuk menghapus makeup waterproof yang membandel, misalnya saja makeup mata. Sebelum menggunakan makeup remover, gunakanlah air hangat untuk melunakkannya terlebih dahulu. Basahi waslap dengan air hangat dan kompreskan ke area mata. Kemudian lanjutkan dengan makeup remover seperti biasanya.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Selain bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghapus makeup waterproof. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengangkat maskara waterproof yang menempel erat di bulu matamu, ataupun menghapus blush on, foundation, dan lipstik. Selain itu, minyak zaitun juga bisa mempermudahmu melepas bulu mata palsu.

Pertama, uapi wajahmu dengan air hangat, kemudian gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskan minyak zaitun dan melepas bulu mata palsu dari matamu. Namun, kalau kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya kamu menggantinya dengan minyak kelapa.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Cara mudah dan ekonomis lainnya untuk menghapus makeup waterproof adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Selain membersihkan makeup, minyak kelapa juga akan melembabkan kulit dan bulu matamu. Ambil sedikit minyak kelapa dengan jari, dan pijatkan lembut di kelopak matamu. Lakukan beberapa saat sampai makeup matamu luntur. Kemudian, usap dengan kapas.

4. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly

Lipstik cair merupakan salah satu lipstik terbaik yang pernah ada, namun hal itu juga menjadikannya susah sekali untuk dihapus. Terkadang meskipun kamu sudah menggosoknya berkali-kali, tetap saja ada noda yang tertinggal di bibir. Selain itu, menggosok bibir terlalu keras juga bisa merusak lapisan bibir, sehingga keesokan harinya bibirmu akan pecah-pecah.

Untuk itu, gunakanlah petroleum jelly. Oleskan petroleum jelly pada bibirmu, dan biarkan selama beberapa menit. Siapkan waslap hangat, dan usapkan pada bibirmu dengan gerakan melingkar. Bilas waslap tersebut, dan ulangi lagi sampai noda lisptik hilang. Setelah itu, gunakan pelembab bibir.

5. Sampo Bayi

Sampo

Sumber: Toysrus

Karena formulanya yang lembut, banyak juga yang menggunakan shampo bayi untuk menghapus makeup waterproof. Pilihlah shampo bayi dengan formula no tears. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan shampo bayi bersama dengan air, dengan perbandingan 1:10. Masukkan ke dalam wadah, dan kocok hingga tercampur rata. Dan kamu pun bisa menggunakannya sebagai makeup remover.

6. Minyak Jojoba

Minyak jojoba

Minyak jojoba juga merupakan salah satu natural oil yang memiliki banyak sekali manfaat kecantikan. Tak heran jika bahan ini sering ditemukan terkandung di dalam produk skincare. Untuk memanfaatkannya sebagai make up remover, campurkan minyak jojoba dan air dengan perbandingan 1:1. Kamu bisa memasukannya ke dalam wadah dan mengocoknya hingga rata. Tuangkan sedikit di atas kapas, dan usapkan pada make up wajahmu sampai hilang.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait