Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Manfaatkan Bulan Puasa Bersama Keluarga

Kesibukkan di bulan puasa sering kali membuat kamu lupa bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk semakin mengakrabkan diri dengan keluargamu! Yuk lakukan beberapa hal ini dengan keluargamu!

Inka Rahmawati

Di bulan puasa, banyak orang justru menghabiskan waktunya di luar dengan alasan lembur untuk mengejar target sebelum lebaran sampai buka bersama dengan teman atau kenalan demi menjaga silahturahmi. Padahal bulan puasa adalah momen yang tepat untuk semakin mendekatkan diri kepada Yang Kuasa dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan keluargamu. 

Cobalah luangkan sedikit waktumu untuk berkumpul atau sekedar berbincang-bincang dengan keluargamu. Jika kamu sudah menghabiskan waktu berbuka di luar, jadikan waktu sahur sebagai penggantinya. Bangunlah lebih awal untuk membantu menyiapkan santap sahur dan lakukan shalat subuh bersama. Sedangkan kamu yang tinggal jauh dari keluarga, kamu bisa menelepon, video call, atau sekedar mengirimkan pesan singkat untuk saling mengingatkan sahur atau mengucapkan selamat berbuka puasa. 

Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk semakin dekat dengan keluarga di bulan Ramadhan, seperti beberapa hal berikut ini: 

Membuat Kegiatan Bersama Keluarga

Apa saja sih kegiatan bersama yang bisa dilakukan dengan keluarga saat ramadhan? Sederhana sekali. Kamu bisa melakukan sahur bareng, shalat berjamaah, buka bersama, dan jika kamu punya waktu lebih, kamu bisa ngabuburit bersama dengan keluarga. Pasti suasana ini akan terasa berbeda.

Merencanakan dan Menyiapkan Sahur/Buka Bersama

Diskusikan dengan keluarga menu apa yang akan dibuat untuk sahur dan berbuka besok. Usahakan untuk membuat menu yang berbeda atau setidaknya ulang menu yang sama seminggu sekali, agar terasa lebih istimewa dan tidak bosan dengan menu yang ada. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan gizinya ya, agar tetap sehat dan fit selama puasa. Menu yang disajikan nggak harus mahal lho! menu sederhana pun juga bisa terasa nikmat jika disantap bersama dengan keluarga. Menu favorit keluarga bisa jadi pilihan yang tepat lho! 

BACA JUGA: Komposisi Menu Sahur yang Tepat agar Puasa Tetap Lancar

Acara Buka Puasa Bersama di Luar

Bulan puasa memang sudah identik dengan acara buka puasa bersama. Saat libur bekerja, coba deh rencanakan buka puasa bersama keluarga di luar. Nggak harus tempat yang mewah, di rumah makan sedehanapun bisa jadi pilihan. Bukan soal tempat makannya yang dicari melainkan kebersamaanya. Kalau kamu punya uang lebih, nggak ada salahnya juga membuat acara buka puasa bersama keluarga di restoran mewah dan pasti itu akan semakin membuat acara buka puasa bersama semakin istimewa.

Memberi Santunan Kepada Anak Yatim dan Kaum Duafa 

Ramadhan memang menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki kualitas ibadah dan melakukan kebaikan. Kamu bisa mengajak keluargamu membuat acara buka puasa bersama dengan anak yatim dan kaum duafa atau sekedar datang ke panti untuk memberikan santunan dan beribadah bersama mereka. Jika kamu dan keluarga memiliki rezeki yang lebih, tidak ada salahnya berbagi bukan? Selain menjalankan ibadah, acara ini akan semakin membuatmu akrab dengan keluarga.

BACA JUGA: Berpikir Positif Membuatmu Terhindar Dari Penyakit

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy