Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Stop Mengeluh Kulit Kusam Jika Masih Melakukan 9 Hal Ini!

Jika kamu berhenti melakukan 9 hal ini, kamu juga bisa mengatasi kulit kusammu, ladies!

Melisa

Memiliki kulit kusam adalah mimpi buruk bagi semua orang, terutama kaum wanita. Demi menghindari kondisi kulit kusam, banyak wanita  rela merogok kocek dalam-dalam demi produk kecantikan yang harganya selangit.

Tak jarang kamu sibuk memikirkan cara-cara mahal untuk memiliki kulit sehat dan cerah. Padahal justru kamu sendiri yang belum menyadari jika 9 hal sepele ini membuat risiko kulit kusam semakin meningkat :

Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat mengurangi produksi kolagen pada tubuh. Kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Jadi, konsumsilah makanan dengan rasa manis alami dengan porsi seimbang seperti aneka jenis buah segar.

Jarang Melakukan Aktivitas Fisik

Orang yang jarang bergerak atau berolahraga memiliki kemungkinan timbulnya flek-flek hitam lebih besar daripada mereka yang rajin berolahraga. Sebab olahraga dapat memperlancar peredaran darah dan membuat kulit tampak lebih sehat.

Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Minum kopi secara berlebihan meningkatkan risiko keriput dan kulit kusam. Imbangi konsumsi kopi favoritmu dengan jumlah asupan air yang cukup setiap hari.

Kurang Tidur

Kurang tidur memang sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Orang yang sering kurang tidur akan memiliki kulit kusam sebab proses regenerasi sel-sel kulit tidak berlangsung secara maksimal. Tak hanya itu saja, kurang tidur juga bisa membuat seseorang jadi cepat keriput.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Sodium

Sodium ada di mana-mana. Di semua makanan yang kamu santap mulai dari makanan rumahan, hidangan restoran, dan makanan instan dalam kemasan. Konsumsi makanan yang mengandung banyak sodium dapat membuat kulit jadi kusam dan kering. Agar kulit senantiasa lembap dan sehat, mulai sekarang batasi konsumsi makanan bercitarasa asin.

Diet Yoyo

Seseorang disebut melakukan diet yoyo jika berat badan yang sempat turun kembali naik. Bahkan mungkin kenaikannya lebih signifikan daripada berat badan sebelum diet. Diet yoyo jelas membuat kondisi kulit jadi mengendur. Cara untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan memiliki berat badan yang ideal dan stabil.

Stres

Tak bisa dipungkiri jika stres memang berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Bila tak mau kulitmu kusam, berjerawat, dan tampak tak sehat maka luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Sehingga kamu akan terbebas dari risiko stres yang mengganggu kesehatanmu.

Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan membuat risiko kulit kering dan keriput semakin tinggi. Tentu saja kulit yang kering akan tampak kusam dan tidak sehat, bukan?

Terlalu Sering Berada di Ruangan Ber-AC

Ruangan ber-AC memang nyaman. Namun paparan AC selama berjam-jam setiap hari dapat membuat kelembapan kulitmu berkurang drastis. Solusinya, gunakan produk pelembap kulit secara teratur saat berada di ruangan ber-AC atau kurangi intensitas penggunaan AC ketika berada di dalam ruangan.

Jika 9 hal sepele tersebut bisa kamu hindari atau kurangi secara bertahap, memiliki kulit yang sehat dan cerah bukanlah hal mustahil lagi. Dari kesembilan hal tersebut, manakah yang paling sering kamu lakukan, ladies?

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait