Kawaii Beauty Japan

Hair

Miliki Rambut Sehat dan Indah dengan Masker Rambut Alami dari Buah Pisang

Bicara tentang rambut sama halnya dengan bicara soal kulit, yaitu nggak ada habisnya. Mau tahu cara alami merawat rambut agar sehat dan indah dengan bahan alami? Yuk, simak!

Inka Rahmawati

Keinginan untuk memiliki rambut yang indah serta kulit yang cantik selalu berjalan beriringan. Dalam hal mendapatkan rambut yang indah yang paling utama dan penting adalah bagaimana cara kita menjaga dan merawat rambut. Tidak hanya menjaga kebersihan rambut, untuk memiliki rambut yang sehat dan indah juga diperlukan nutrisi yang cukup. Kekurangan gizi atau nutrisi dapat membuat pertumbuhan dan kondisi rambut bermasalah. Mendapatkan rambut yang indah memang tidak mudah, malah terkadang harus merogoh kocek yang mahal untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Sebenarnya ada cara lain agar rambut tetap dapat ternutrisi dengan baik dan tidak mahal yaitu dengan menggunakan cara-cara alami. Cara alami yang bisa kamu gunakan untuk menutrisi rambut, salah satunya adalah dengan menggunakan masker rambut alami dari buah pisang. Yuk, simak apa saja kandungan buah pisang untuk masker alami rambut kamu.

5 Kandungan Buah Pisang untuk Masker Alami Rambut

Buah pisang tidak hanya bagus untuk kesehatan kamu, namun juga bagus untuk rambut kamu. Apa saja sih kandungan yang terdapat buah pisang? Yuk, simak!

1. Provitamin A atau Beta Karoten

Beta karoten yang kita konsumsi akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh yang terutama berperan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan melembutkan rambut, memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

2. Protein

Protein adalah zat utama yang berfungsi membangun rambut kita, karena rambut terdiri dari sekitar 98% protein. Jadi sangat penting untuk mencukupi asupan protein bagi tubuh kita dengan baik.

3. Vitamin B Kompleks

Vitamin ini sangat berpengaruh pada folikel rambut, sehingga pertumbuhan rambut terjaga dan tidak mudah rontok, bercabang serta kusam. Melancarkan peredaran darah ke kulit kepala dengan membantu pembentukan sel darah merah, sehingga nutrisi rambut tercukupi. Membantu pertumbuhan sel – sel baru dan kelancaran sistem syaraf, yang berpengaruh dalam pertumbuhan dan regenerasi rambut yang telah rontok atau beruban.

4. Vitamin C

Dengan kadar antioksidan tinggi, vitamin C sangat bermanfaat untuk membentengi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak dan membantu produksi kolagen yang dapat memperkuat akar rambut.

5.Vitamin D

Tidak hanya untuk kesehatan tulang, ternyata Vitamin D juga diperlukan dalam pertumbuhan rambut.  Kekurangannya bisa mempengaruhi dapat menyebabkan rambut rontok, kusam,kering dan lainnya.

6. Vitamin E

Bermanfaat melindungi struktur sel dalam tubuh dan rambut, mencegah rontok dan memperkuat akar rambut serta juga melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Cara Membuat Masker Rambut dari Buah Pisang

Buah pisang

Berikut ini adalah berbagai macam kombinasi cara membuat masker rambut dari pisang yang dipadukan dengan bahan dan buah lainnya yang bias kamu coba di rumah. Sebelum mempraktikkannya, jangan lupa untuk memastikan pisang telah dihancurkan hingga benar-benar halus dan jangan membiarkan campuran terlalu lama di rambut hingga mengeras karena akan sulit dibersihkan. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan sampo. Kamu bisa melakukannya minimal seminggu sekali dan dengan jenis pisang apa saja.

1. Masker Pisang dan Susu

Masker rambut buah pisang dan susu dapat membantu melembutkan serta menghaluskan rambut dan masalah kerontokan.

Cara Membuat:

Cara membuat masker rambut dari buah pisang dan susu ini sangat sederhana yaitu dengan melumat buah pisang yang masak dan mencampurnya dengan susu secukupnya.

2. Masker Pisang dan Almond

Masker rambut buah pisang dan almond ini sangat bermanfaat untuk membantu merawat rambut yang kering serta kasar dan membuatnya menjadi jauh lebih sehat dan lembut.

Cara membuat :

Campurkan buah pisang yang telah matang dengan kacang almond yang sebelumnya sudah terlebih dahulu direndam dan dihancurkan. Kamu juga bisa menambah yogurt atau susu secukupnya.

3. Masker Pisang, Yogurt dan Madu

Masker rambut dari campuran buah pisang, madu dan yogurt sangat bermanfaat untuk membantu dalam mengatasi masalah rambut kering serta berketombe.

Cara membuat :

Campurkan satu buah pisang yang sudah masak dengan setengah sendok makan madu dan setengah gelas kecil yogurt.

Bagaimana ladies? Mudah bukan cara pembuatannya. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah meskipun masker dari bahan alami sangat minim resiko, tetapi ada baiknya tetap dipertimbangkan tentang kesesuaian dengan karakter rambut dan cara pengaplikasiannya. Kamu bisa bertanya mengenai hal tesebut pada konsultan kecantikan di salon and spa terpercaya dan setelah itu semua perawatan bisa dilakukan sendiri di rumah. Selamat mencobanya, ladies!

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait