Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Tips Mengatasi Masalah Bau Kaki

Ladies, masalah bau yang sering menjadi masalah bagi kita bukan hanya bau badan, tapi juga bau kaki. Sering kali kita menjadi tidak percaya diri dikarenakan bau yang satu ini.

Kasih Elia Lg

Bau kaki biasanya disebabkan karena adanya kuman-kuman tertentu yang bereaksi dengan keringat atau kotoran yang menempel di kulit kaki.

Keringat memiliki andil besar sebagai penyebab timbulnya bau kaki, karena keringat membuat kaki menjadi lembab, dan menciptakan tempat yang nyaman untuk jamur tumbuh. Kamu tidak perlu berkecil hati dengan masalah bau kakimu, berikut ini beberapa tips mengatasi masalah bau kaki:

Cuci Kaki dengan Air dan Baking Soda

Saat mencuci kaki, tambahkanlah sedikit baking soda sebagai sabun. Selain itu, gunakan juga baking soda untuk mencuci sepatu dan kaus kaki kamu. Hal ini karena baking soda akan membantu menyerap sebagian bau yang tidak menyenangkan.

Gunakan Antiperspirant

Kamu pasti sering mendengar nama antiperspirant, bahan ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah bau pada ketiak. Tapi ternyata antiperspirant juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau pada kaki. Antiperspirant berfungsi untuk memblok saluran yang menuju ke kelenjar keringat, sehingga membantu mencegah keringat mencapai kulit dan membantu mengurangi bau.

Konsumsi Suplemen Zinc dan Magnesium

Kekurangan mineral Seng dan Magnesium ternyata bisa menyebabkan peningkatan bau badan. Kandungan zinc bisa kamu dapatkan dalam makanan, seperti daging sapi, salmon, biji labu, dan yogurt. Sedangkan kandungan magnesium bisa kamu temukan pada beras merah, kacang hitam, dan kacang almond. Untuk suplemen, mungkin kamu bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Gunakan Kaus Kaki berbahan Katun

Coba perhatikan bahan kaus kaki yang kamu gunakan. Jika kaus kaki yang kamu gunakan berbahan nilon segeralah ganti dengan kaus kaki berbahan atau wol. Kedua bahan kaus kaki tersebut akan mampu menyerap keringat lebih baik. Jangan lupa untuk memastikan kaki kamu benar-benar kering saat menggunakan kaus kaki. Penggunaan kaus kaki saat basah dapat menyebabkan lembab dan memicu bau tidak sedap.

Gunakan Obat Kumur

Rendam kakimu kedalam air yang dicampur dengan obat kumur sekali sehari, obat kumur akan membantu menghilangkan bakteri pada kaki, sama seperti membunuh bakteri di mulut.

Lumuri Kaki dengan Tepung Maizena

Tepung Maizena bisa membantu menyerap keringat yang menyebabkan bau pada kaki. Caranya, pastikan kaki anda telah benar-benar kering, lumuri dengan tepung maizena sampai ke sela-sela jari. Lakukan sebelum menggunakan kaus kaki.

Kamu gak perlu lagi khawatir dengan bau kaki yang sering mengganggu. Jaga selalu kebersihan kaki dan alas kaki mu, jangan gunakan mereka saat lembab karena akan membuat jamur senang bersarang disana. Selamat mencoba!

 

Kawaii Beauty Japan Beauty Newsletter for FREE

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait