Kawaii Beauty Japan

Food

11 Makanan Enak Yang Bermanfaat Untuk Kulit Cantikmu!

Kata penyanyi dangdut terkenal di Indonesia, yang enak-enak itu dosa. Tapi itu mungkin tidak berlaku untuk 11 makanan enak ini!

Kasih Elia Lg

Kebanyakan makanan enak, biasanya mengandung kolesterol, gula, atau lemak yang sedikit berlebihan. Tapi ternyata, ada juga makanan enak, yang punya manfaat baik untuk kulit sehingga dapat membuat kamu tampil cantik natural. Mau tahu makanan apa saja, dan apa kegunaan makanan-makanan itu untuk kulit sehat kamu? Yuk simak baik-baik artikel ini!

11 Makanan Enak Yang Bermanfaat Untuk Kulit

Cherry

Buah cherry yang mungil dan berwarna merah segar ini memang lezat. Sensasi manis, asam dan sedikit pahitnya membuat siapapun tidak dapat menolak sodoran buah yang satu ini. Nah, ternyata, selain enak, cherry mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dan, apabila dijadikan masker, buah cherry dapat membantu meratakan warna kulit wajah kamu yang belang.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Ampuh dengan Tomat

Tomat

Tomat, di luar dugaan, dapat mengatasi masalah kulit berminyak dan pori-pori besar. Membuat masker alami dari tomat pun sangat mudah karena tomat sangat mudah dihaluskan meski hanya dengan sendok.

Alpukat

Di luar dugaan, buah yang berbentuk unik ini, memiliki vitamin dan minyak alami, yang sangat berguna untuk melembabkan dan menghaluskan tidak hanya kulit, tapi juga rambut yang punya masalah kekeringan. Adonan masker dari alpukat yang telah diolah dan dilembutkan adalah pelembab alami yang efektif untuk wajah dan rambut kamu.

Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang harus kamu miliki di rumah, kalau kamu mau awet muda. Kamu bisa memakannya, maupun menggunakannya sebagai masker untuk menjaga kulit dengan enzim-enzimnya yang bekerja melawan radikal bebas, dan membantu mencegah penuaan dini.

Oatmeal

Sarapan rendah kolesterol ini tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga dapat menyehatkan kulit. Kulit kamu kering atau gatal-gatal? Gunakan masker oatmeal sebagai solusi untuk menenangkan kulit yang terasa panas, perih, atau gatal-gatal.

Teh Hijau

Anti oksidan yang banyak terkandung dalam teh hijau, membuat khasiatnya tak perlu diragukan lagi. Jerawat yang menyebabkan kulit terasa perih dan berubah menjadi kemerahan, juga dapat diatasi dengan mengompres kulit menggunakan kantung teh hijau. Air teh hijau yang sudah dibiarkan semalaman juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah di malam atau pagi hari.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Teh Hijau

Putih Telur

Telur memang sangat lezat sekali. Baik direbus maupun digoreng. Terlebih lagi, putih telurnya. Khasiatnya yang paling populer adalah khasiat untuk mengecilkan pori-pori yang besar dan membersihkan kulit sehingga tampak sehat bercahaya. Jangan percaya, sebelum kamu coba sendiri masker putih telur sesekali ya, ladies!

Lemon

Buah asam yang bergas cukup tinggi ini memang terkenal sebagai pemutih kulit alami. Hanya dengan beberapa tetes saja, kulit ketiak, siku, maupun lutut yang gelap bisa kamu buat menjadi lebih putih. Tetesan buah lemon juga bisa menjadi pemutih gigi apabila dicampurkan dengan baik bersama baking soda. Selain itu, tetesan buah lemon juga bisa digunakan untuk memutihkan warna kuku yang kekuningan.

Gula

Wow, siapa sangka, butiran putih halus ini ternyata punya manfaat sehat bagi kulit. Meskipun sering dituduh sebagai penyebab kegemukan, gula ternyata dapat menjadi bahan pembuat scrub natural dan efektif untuk mengangkat kulit mati. Butiran gula, bisa kamu campurkan dengan tetesan lemon, untuk memutihkan bagian kulit yang lebih gelap, atau kamu campurkan sedikit minyak zaitun untuk menghaluskan kulit tubuh kamu secara keseluruhan. Gula menjadi alternatif body scrub yang murah dan sangat efektif.

Madu

Madu dikenal sebagai pelembab alami yang juga dapat melembabkan kulit secara alami. Kamu bisa mencampurkan tetesan madu ke dalam setiap adonan masker alami favoritmu yang kamu buat sendiri. Masker madu dan gula, dapat digunakan untuk melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah.

BACA JUGA: 3 Resep Jitu Madu Untuk Kecantikan

Minyak Zaitun

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, minyak zaitun kaya akan nutrisi dari vitamin E yang sangat-sangat baik manfaatnya untuk kulit. Kamu bisa menyembuhkan bibir kering, tumit yang pecah-pecah, hingga menutrisi rambut kering dan bercabang.

Nah itu tadi, 11 bahan makanan yang bermanfaat untuk kulit cantik kamu! Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya, ladies? Bila sudah, tidak ada salahnya mencoba perawatan dengan bahan makanan yang belum pernah kamu coba. Kalau kamu belum pernah mencoba, ayo buruan coba! Kapan lagi bisa mendapatkan kulit cantik dengan perawatan sambil menikmati makanannya!

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait