Kawaii Beauty Japan

Diet

Makan Malam Bikin Gemuk? Mitos atau Fakta?

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan aturan diet yang satu ini, tak boleh makan setelah jam 6 sore. Betul tidak sih aturan ini? Ataukah hal tersebut hanya mitos belaka?

Santi Berlinawati

Kamu pasti sering mendengar bahwa makan malam di atas jam 6 sore akan membuat badan menjadi gemuk. Sebenarnya dari mana larangan makan di atas jam 6 sore berasal? Sepertinya tidak ada informasi yang jelas mengenai aturan tersebut, seperti halnya yang dikatakan oleh Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H, R.D., seorang ahli diet senior di Ronald Reagon UCLA Medical Center, serta seorang profesor di UCLA Fielding School of Public Health, Amerika. Dana mengatakan bahwa dirinya tidak tahu  kapan dan dari mana larangan tersebut datang, dan dia juga menyatakan bahwa tidak ada aturan diet berkaitan dengan aturan tersebut. Yuk, simak kebenarannya!

Tidak Ada Hubungan Antara Jam Makan Dengan Berat Badan

Banyak yang mengatakan jika makanan yang dikonsumsi di malam hari akan disimpan dalam bentuk lemak, sehingga membuat kita semakin gemuk. Padahal tidak benar-benar demikian kenyataannya. Memang benar menghindari makan di malam hari dapat membantumu menurunkan berat badan, namun bukan itu penyebabnya. Alasan yang lebih tepat adalah karena orang cenderung mengambil makanan yang kurang sehat ketika mereka terbangun di malam hari. Bayangkan saja sendiri ketika kamu tiba-tiba merasa lapar di malam hari, apakah kamu akan makan sayuran? Tidak kan?

Pasti kamul ebih memilih kripik, kue-kue yang manis, dan makanan lain yang mengandung kalori tinggi. Inilah sebenarnya penyebab kegemukan akibat suka makan di malam hari. Bukan karena waktunya, namun karena pilihan makanannya.

Tapi, Tidak Makan di Malam Hari Memang Bisa Menurunkan Berat Badan

Studi Kasus: Pada studi yang dilakukan oleh Brigham Young University, diperlihatkan bahwa 29 orang pria yang berhenti makan pada jam 7 malam hingga 6 pagi selama 2 minggu, mereka mampu menurunkan berat badannya sebanyak 0,5 kg setiap minggunya. Pada saat mereka diizinkan untuk makan di malam hari selama 2 minggu, berat badan mereka pun kembali naik 0,6 kg dan semua ini berhubungan dengan kalori. Pada intinya ketika kamu makan di malam hari, berat badan kamu akan cenderung naik karena makanan yang tidak sehat yang dikonsumsi pada malam hari.

Lalu Bagaimana Jika Kamu Lapar di Malam Hari?

Makan di malam hari

Ketika kamu lapar di malam hari jangan langsung makan-makanan yang tidak sehat. Pilihlah produk-produk dari gandum dan protein rendah lemak dalam porsi kecil. Kamu bisa mengulanginya jika masih lapar. Kalau kamu sering merasa lapar di malam hari, kamu mungkin kurang asupan makanan pada pagi hingga siang harinya. Jadi, daripada fokus untuk tidak makan di malam hari, lebih baik fokus untuk makan dalam jumlah yang cukup di siang hari. Banyak yang mencoba mengurangi asupan kalori di siang harinya, namun malah kelaparan di malam hari sehingga membuat makan yang tidak sehat di malam hari.

Jadi, kesimpulan sebenarnya ketika kamu makan di malam hari berat badanmu memang betul cenderung naik, bukan karena waktunya namun karena pemilihan makanannya yang tidak sehat di malam hari. Sebenarnya tubuhmu sebenarnya tidak tahu jam berapa ini, tapi tubuhmu tahu ketika dia kenyang. Jadi, mulailah harimu dengan sarapan yang cukup. Konsumsi 20 gr protein dan ikuti dengan camilan kaya protein setiap 3-4 jam. Melalui cara ini kamu tidak akan kelaparan di malam hari.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait