Kawaii Beauty Japan

Makeup

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Berbagai Jenis Eyeliner

Ada berbagai jenis eyeliner yang bisa kamu gunakan untuk merias mata diantaranya ialah eyeliner pensil, eyeliner cair, dan eyeliner gel. Simak kelebihan dan kekurangan masing-masing ya!

Inka Rahmawati

Siapa tidak kenal dengan make up eyeliner? Ya, eyeliner adalah alat yang digunakan untuk merias kelopak mata ataupun untuk keseluruhan bagian mata. Ada berbagai pilihan jenis eyeliner yang bisa kamu pilih, seperti eyeliner pensil, eyeliner cair atau eyeliner gel.Pasti para wanita sudah tak asing lagi dengan eyeliner berbentuk pensil yang memang merupakan eyeliner model klasik yang mudah dipakai dan cenderung lebih sederhana. Hasil yang diperoleh pun cenderung lebih natural dengan eyeliner pensil ini. Namun, jika kamu ingin memperoleh hasil yang lebih jelas dari eyeliner tersebut, kamu bisa mengaplikasikan jenis eyeliner cair atau gel yang memiliki hasil lebih jelas atau bold.

Setiap jenis eyeliner tersebut memiliki karakter masing-masing serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing sebagai berikut. Nah, eyeliner jenis apa yang sebaiknya kamu gunakan? Yuk, simak ulasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-jenis Eyeliner

Eyeliner Gel

Gel eyeliner

Eyeliner gel ini biasanya terdiri dari bagian pot berisi gel eyeliner dan juga aplikator yang berbentuk sepeti kuas.

Kelebihan :

  • Hasil yang tebal namun cenderung terlihat natural karena hasilnya yang matte tidak seperti eyeliner cair yang cenderung glossy.
  • Tidak mudah tumpah karena teksturnya cenderung padat.
  • Sangat dianjurkan bagi pemula karena kemudahan dalam penggunaannya. Eyeliner jenis ini sangat praktis, karena jika tangan bergetar saat pemakaian tidak akan ada cairan yang tumpah dari kuasnya sebagaimana eyeliner cair.
  • Dapat digunakan untuk kelopak mata bagian atas ataupun bawah.

Kekurangan :

  • Eyeliner gel lebih cepat kering dibanding dengan eyeliner cair, sebab isinya sering terkena udara secara langsung ketika dibuka sehingga tidak bagus lagi ketika digunakan.

Eyeliner Cair

Eyeliner cair

Eyeliner berbentuk cair atau liquid eyeliner adalah jenis eyeliner yang cukup populer. Eyeliner cair ini juga sangat mudah diperoleh. Banyak orang suka dengan eyeliner jenis cair, meski baru pertama kali menggunakannya.

Kelebihan:

  • Sangat mudah didapatkan, tidak hanya di toko kosmetik, bahkan toko-toko atau mini market lainnya banyak yang menyediakan eyeliner jenis ini.
  • Hasilnya juga cenderung tebal dalam satu polesan saja kamu bisa dengan mudah memperoleh hasil yang bold.

Kekurangan :

  • Eyeliner cair cenderung mudah kering jika disimpan lama.
  • Sedikit sulit penggunaanya, terutama untuk pemula. Perlu sedikit berlatih untuk mengaplikasikan eyeliner cair.
  • Lebih cocok untuk kelopak mata bagian atas daripada kelopak mata bagian bawah.

Eyeliner Pencil

Eyeliner pencil

Sumber: Inglot

Eyeliner pensil merupakan eyeliner bentuk konvensional. Eyeliner pensil ini bentuknya memang benar-benar mirip pensil. Jenis eyeliner pensil sangat mudah digunakan, selain juga praktis.

Kelebihan:

  • Hasilnya sangat natural ketika digunakan untuk riasan kelopak mata atas maupun bawah.
  • Lebih mudah untuk diaplikasikan dibandingkan dengan jenis eyeliner lainnya.
  • Lebih awet untuk disimpan lama karena eyeliner jenis ini tidak akan mengering.

Kekurangan:

  • Hasilnya yang cenderung tipis dan kurang tebal atau kurang begitu terlihat.
  •  Untuk membentuk suatu bentuk atau riasan yang diinginkan juga cenderung lebih sulit dibanding dengan eyeliner jenis lain.

Pengaplikasian eyeliner pada kelopak mata memang akan memberikan kesan tersendiri pada mata. Selain mempertegas garis mata, eyeliner juga bisa memberikan efek ilusi bentuk mata yang indah dan membuat mata lebih hidup. Bagaimana, ladies? Eyeliner jenis apa yang menjadi favoritmu? Untuk kamu para pemula, jangan sampai salah pilih ya.

Tagged in:
Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait