Kawaii Beauty Japan

Health

Yuk Kenali Apa itu Varises!

Pernahkah kamu menemukan urat-urat halus yang menyembul di seputar betis belakang? Mungkin bisa jadi kamu terkena varises. Yuk kita kenali apa itu varises!

Yenni Octavia

Pernahkah kamu menemukan urat-urat halus yang menyembul di seputar betis belakang? Mungkin bisa jadi kamu terkena varises. Memang masih banyak dari kita yang belum begitu mengenal penyakit yang satu ini. Yuk kita kenali apa itu varises.

Varises adalah sebuah kelainan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises sendiri bisa menyebakan sirkulasi darah menjadi tidak lancar karena terhambat pada daerah sekitar betis dan tungkai saat menahan berat tubuh.  Penyakit varises ini dapat dipicu karena beberapa faktor berikut :

Faktor Keturunan

Varises pada umumnya akan terjadi saat dewasa, yang disebabkan karena adanya perubahan hormon dan bertambahnya berat badan. Namun untuk beberapa kasus yang terjadi pada usia muda kemungkinan besar disebabkan oleh faktor keturunan.

Merokok

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, cobalah untuk berhenti dari sekarang. Karena kebiasaan yang satu ini merupakan salah satu penyebab varises. Kandungan zat berbahaya yang terdapat dalam rokok akan membuat pembuluh darah menjadi kaku, sehingga terjadi penyempitan dan dinding pembuluh darah menjadi tidak elastis lagi.

Terlalu Banyak Berdiri

Terlalu lama berdiri bisa membuat kakimu terlalu berat menahan tubuh dan memperberat kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah. Namun jika memang kamu memiliki profesi yang mengharuskan kamu banyak berdiri, usahakanlah untuk tidak berdiri dalam posisi diam (statis). Kamu bisa melakukan gerakan – gerakan kecil, seperti jalan di tempat, sehingga otot tungkai dapat terus bekerja memompa darah ke jantung.

Menderita Kolesterol Tinggi dan Jantung

Kedua jenis penyakit ini tentu memiliki hubungan yang erat dengan masalah peredaran darah, sehingga menyebabkan kelainan pembuluh darah dan kegemukan yang dapat memicu varises.

Kehamilan

Saat hamil, secara otomatis kita akan mengalami peningkatan hormone progesterone dan berat badan yang menyebabkan aliran darah dari kaki, tungkai, pangkal paham dan perut bagian bawah pun semakin terhambat.

Memakai Sepatu Hak Tinggi

Hati – hati untuk kamu yang suka menggunaka high heels yah. Penggunaan sepatu hak yang terlalu tinggi dapat membuat gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak maksimal.

Kurang Bergerak

Inilah mengapa kasus varises banyak dialami masyarakat perkotaan. Selain karena beberapa gaya hidup diatas, gaya hidup perotaan juga sering kali membuat kita menjadi kurang bergerak. Hal ini menyebabkan otot disekitar pembuluh darah vena menjaid tidak mampu memompa darah secara maksimal.

Lalu bagaimana sebaiknya apa yang dilakukan untuk mencegah terjadinya varises dan bagiaman cara menyembuhkannya? Kamu bisa terus membaca artikel berikutnya untuk mengetahui  cara mengatasi varises. Tungguin artikel kita berikutnya yah! (ye)

Tagged in:
Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait