Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Sehabis Fitness Jika Kamu Ingin Mengurangi Berat Badan

Tahukah kamu kalau ada hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan usai fitness? 7 hal ini ternyata bisa membuat jerih payahmu berolahraga menjadi sia-sia. Nggak mau kan? Yuk simak apa saja 7 hal itu!

Santi Berlinawati

Memiliki berat badan ideal bagi sebagian orang hanya bisa didapatkan dengan usaha yang keras. Melalui diet dan fitness yang rutin agar mencapai berat badan ideal kamu dapat mendapatkan berat badan ideal. Ketika kamu fitess sudah pasti kamu merasa lelah. Rasa lelah, haus, dan lapar yang luar biasa usai berolahraga memang sudah wajar. Namun, bukan berarti kamu bisa makan dan minum seenaknya dengan dalih untuk mengembalikan energi. Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan usai melakukan fitness agar hasilnya maksimal.

Berkut hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika fitness agar dapat mengurangi berat badan dan tubuh terasa kencang. Yuk, simak!

7 Hal yang Perlu Dihindari Sehabis Fitness Jika Kamu Ingin Mengurangi Berat Badan

Jangan lagi lakukan hal-hal ini jika ingin fitness kamu sukses ya, ladies!

1. Makan Makanan Berat

Nasi goreng

Setelah melakukan latihan intensif, sangatlah penting untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mendinginkan diri sebelum makan. Olahraga yang sangat melelahkan akan membuat tubuhmu stres, dan sebagai konsekuensinya, otakmu akan berpikir bahwa kamu lapar lebih dari yang sebenarnya. Hal itu tentu saja akan membuatmu makan berlebihan. Jadi, beristirahatlah terlebih dahulu sebelum makan.

2. Mengkonsumsi Minuman Berenergi yang Tinggi Gula

Energy drink

Banyak yang suka mengkonsumsi minuman berenergi usai berolahraga. Padahal minuman tersebut memiliki kandungan gula dan sirup jagung berfruktosa yang tinggi. Meskipun dalam jangka waktu pendek gula dapat langsung membuatmu merasa bernergi kembali, namun minum minuman dengan kandungan gula yang tinggi secara berlebihan akan menghambat proses metabolisme di dalam tubuhmu. Minuman tersebut tidak bisa mengganti cairan tubuh yang hilang selama latihan. Air putih tetaplah yang terbaik setelah latihan.

3. Tidur

Tidur

Meski kamu merasa lelah sekali, usahakan jangan sampai langsung tidur usai berolahraga karena dengan begitu, kamu tidak memberi waktu bagi tubuhmu untuk mendinginkan dirinya dan rileks. Otot-ototmu masih lemah dan lelah, sehingga penting bagimu untuk menunggu sekitar satu setengah jam sebelum tidur.

4. Melewatkan Stretching

Stretching

Stretching adalah hal penting dalam fitness, namun seringkali diabaikan. Stretching usai berolahraga akan memecah lactic acid yang dihasilkan tubuh selama latihan, yaitu dengan melepaskannya melalui otot. Membiasakan diri stretching setelah berolahraga dapat mencegah cidera dan sakit, serta meningkatkan fleksibilitas secara drastis.

5. Menyentuh Wajah dengan Handuk Penuh Keringat

Handuk

Handuk yang sudah kamu pakai untuk mengusap leher, pundak, dan perut pasti sudah dipenuhi dengan kuman. Begitu juga dengan tanganmu. Alat-alat yang kamu pakai, dan sudah dipakai oleh orang lain sebelumnya juga tak jauh beda. Jadi, cuci tanganmu terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Basuh juga wajahmu dengan air dingin. Kotoran dari tangan atau handuk bisa menyumbat pori-pori kulitmu.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy