Kawaii Beauty Japan

Makeup

Jangan Asal! 7 Produk Kecantikan Wajah Ini Jangan Boleh Kamu Pinjamkan

Berbagi produk kecantikan dengan saudara atau teman sepertinya hal biasa. Namun, tahukah kamu jika hal itu sebenarnya tidak dianjurkan? Apa saja sih produk kecantikan yang tidak boleh kamu pinjamkan?

Santi Berlinawati

Sebagai seorang wanita, pasti kamu memiliki banyak produk make up. Bisa jadi karena saking cintanya dengan make up, peralatan make up kamu lebih lengkap dari teman-temanmu dan pinjam meminjam adalah hal yang biasa.Tapi, kamu wajib waspada lho, jangan sembarangan meminjam-minjamkannya kepada temanmu. Bukannya pelit, tapi saling meminjamkan produk kecantikan seharusnya dihindari. Kenapa? Karena melalui produk-produk yang seharusnya membuatmu semakin cantik tersebut, bakteri dan virus akan tersebar dengan leluasa. Akibatnya, kulitmu semakin sering berjerawat. Bahkan, virus HSV-1 penyebab herpes simpleks pun juga bisa menginfeksimu. Lalu, produk kecantikan apa saja yang tidak boleh dipinjamkan?

Jangan Asal! 7 Produk Kecantikan Wajah Ini Jangan Boleh Kamu Pinjamkan

Biarpun dikatakan pelit tapi lebih baik kan daripada kamu tertular kuman dari temanmu?

1. Produk Apapun yang Dikemas dalam Jar

Petroleum jelly

Kalau kamu harus mencelupkan jarimu ke dalam cleanser, krim pagi, krim malam, krim mata, foundation, lip balm, dan lain sebagainya, pertama-tama kamu harus mencuci tanganmu terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan yang kedua, kamu juga sebaiknya hanya menggunakannya untuk dirimu sendiri. Kamu tidak ingin krim-mu terkontaminasi bakteri kan? Terutama karena tubuh kita menyerap 60% apa yang kita pakaikan pada kulit, termasuk bakteri yang ada di dalamnya.

2. Maskara

maskara

Maskaramu bisa menjadi sarang bakteri yang mudah sekali berpindah tempat. Dan karena mata tidak memiliki lapisan perlindungan seperti kulit, mata lebih riskan terkena infeksi. Terlebih lagi, ketika kuas maskara dikeluarkan dari botolnya, hal itu akan semakin menyuburkan bakteri yang ada di sana. Kalau memang maskara harus digunakan bergantian, sebaiknya gunakan disposable wands atau kuas sekali pakai, dan hanya celupkan kuas tersebut sekali.

3. Bedak

Bedak

Bedak kering tidak menampung bakteri sebanyak formula cair, tapi bukan berarti formula padat tidak bisa menyebarkan bakteri dari satu orang ke orang lainnya. Apalagi jika pemakaiannya menggunakan spons, seperti yang biasa kita lakukan untuk touch up area mulut dan mata. Jadi, jika ada temanmu yang ingin meminjam bedakmumu, semprotkan alcohol-based spray di atasnya, dan gunakan kuas makeup bersih untuk megaplikasikannya.

4. Lipstik atau Lip Balm

Lipstik

Banyak orang yang membawa virus HSV-1 namun tidak menyadarinya. Itulah kenapa kamu sangat tidak dianjurkan untuk meminjamkan lipstik atau lip balm kepada orang lain. Kamu tidak pernah tahu bakteri atau virus apa yang dibawa oleh mereka. Seperti halnya bedak, jika kamu harus berbagi lipstik atau lip balm, semprot terlebih dahulu dengan alcohol spray untuk membersihkannya.

5. Kuas Make up

Kuas make up

Meski jerawat banyak dipengaruhi oleh faktor internal, namun kamu bisa memicunya dengan menggunakan kuas makeup orang lain yang sudah terkontaminasi bakteri. Kalau ingin meminjam kuas, sebaiknya pinjam yang masih bersih atau yang sudah disemprot dengan alkohol untuk membunuh bakterinya. Selain itu, kalau kamu sering berjerawat, ada baiknya kamu mencuci kuas makeupmu menggunakan shampo seminggu sekali.

6. Lip Gloss

Lip gloss

Seperti halnya maskara, ketika kamu mengeluarkan kuas lip gloss dari botolnya, bakteri yang tumbuh di dalamnya akan semakin subur dengan adanya udara yang masuk. Kamu tidak ingin kan lip glossmu menyebarkan bakteri, atau bahkan terkena bakteri lainnya dari si peminjam?

7. Eyeshadow Berbentuk Krim

Eyeshadow

Formula krim yang lebih lengket seperti ini bisa menjadi ladang bagi bakteri untuk tumbuh dengan subur. Jadi, bukan ide yang bagus untuk berganta-gantian menggunakan eyeshadow krim yang sama. Apalagi, kalau kamu mengaplikasikannya dengan tanganmu yang juga terkontaminasi bakteri. 

Jika kamu masih sering meminjamkan produk-produk kecantikan tersebut, nah sekarang kamu sebaiknya menghindari tersebut untuk kesehatanmu. Jangan takut untuk dikatakan pelit ya, ladies! 
 

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait