Kawaii Beauty Japan

Japan

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Kursus Bahasa Jepang dari Sekarang!

Apakah kamu memiliki minat terhadap bahasa Jepang tapi masih belum tahu untuk apa sih belajar bahasa Jepang? Kamu harus tahu inilah alasan tepat mengapa kamu harus belajar bahasa Jepang!

Meydiana Widyaningsih

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang paling diminati masyarakat Indonesia khususnya di kalangan anak muda, mungkin kamu adalah salah satunya. Sebagai negara maju, banyak hal baik yang bisa kamu pelajari dan kamu terapkan mulai dari budaya yang unik dan beragam sampai kebiasaan masyarakatnya yang terkenal akan kedisiplinan sehingga menimbulkan minat di dalam dirimu untuk mempelajari bahasa Jepang. 

Namun, ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui bahwa bahasa Jepang memang perlu menjadi salah satu bahasa asing yang harus kamu kuasai saat ini. Apa sajakah itu? 

Bahasa Jepang itu Menantang 

Jepang

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui bahwa Bahasa Jepang memiliki sistem tulisan yang berbeda dengan tulisan bahasa yang umum kita gunakan seperti dalam Bahasa Indonesia atau Inggris seperti dengan hiragana dan katakana yang dikenal sebagai huruf Jepang. Pengucapan bahasa Jepang pun mirip dengan Bahasa Indonesia, seperti "A" dibaca seperti dalam Anak dan bukan "ey" seperti dalam bahasa inggris Apple. Kata benda Bahasa Jepang juga tidak mengenal gender, atau jamak sehingga lebih mudah digunakan namun tetap menantang untuk dipelajari. Ada beragam teknik yang bisa diterapkan seperti menghapal kanji melalui pengenalan simbol-simbol dan lain-lain. 

Mengenal Lebih dalam Tentang Budaya Jepang 

Budaya Jepang

Belajar Bahasa Asing khususnya Bahasa Jepang ternyata dapat membuka pengetahuan baru yang sebelumnya tidak bisa terbuka karena kendala bahasa. Kamu juga bisa mengenal budaya dan memperkaya pengalaman kehidupan yang kamu miliki. Misalnya, kamu bisa membuat tulisan tentang pengalaman ketika kamu pernah berkeliling pedesaan di sekitar Kyushu Jepang dan bertemu para petani yang sangat ramah kemudian berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang, meskipun mereka sadar bahwa Bahasa Jepang kamu masih belum mumpuni tetapi mereka akan sangat senang berbagi budaya yang mereka miliki kepadamu. 

Traveling 

Traveling

Jepang merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dunia, tidak terkecuali dengan wisatawan Indonesia. Jika kamu ingin bepergian atau melakukan traveling ke negeri sakura tersebut, pastinya penting sekali untukmu menguasai bahasa Jepang meskipun hanya pada level dasar saja. Tentu saja penguasaan bahasa Jepang yang baik akan memudahkan dirimu untuk berkomunikasi dengan native speaker yang bisa kamu temukan ketika kamu jalan-jalan ke Jepang. Akan sangat menyenangkan jika kamu mendapatkan pengalaman sekaligus teman perjalanan baru disana, bukan? 

Mendapatkan Beasiswa

Notebook

Satu hal penting lagi yang harus kamu tahu bahwa jika kamu memiliki kemampuan bahasa Jepang yang sangat baik, maka kamu bisa memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mendapatkan beasiswa studi di Jepang. Oleh karena itu, jika kamu termasuk orang yang bercita-cita ingin melanjutkan studi ke Jepang, maka kamu harus belajar dan menguasai bahasa Jepang dari sekarang agar peluang untuk mendapatkan beasiswa semakin besar, tentunya harus diimbangi dengan bekal ilmu pengetahuan lain yang kamu minati.

Pemerintah Jepang menyediakan beasiswa terbuka bagi siswa mulai SMU, D2, D3, S1, S2 hingga S3. Program internasional diperkenalkan namun seringkali dalam ujian beasiswa akan diberikan tes Bahasa Jepang setingkat dasar hingga menengah. Pengetahuan Bahasa Jepang akan memberikan nilai tambah bagi calon yang sudah memahami dasar-dasar Bahasa Jepang.

Mempermudah Karir dan Pekerjaan

Bekerja

Jepang dan Indonesia memiliki hubungan bisnis yang kuat dengan ditunjukkan banyaknya perusahaan Jepang yang beroperasi dan menanamkan investasinya. Kemampuan Bahasa Jepang akan membuka kesempatan lebih baik bagi pelamar yang ingin bekerja di perusahaan Jepang. Indonesia sendiri adalah pembelajar Bahasa Jepang terbanyak kedua setelah China, menunjukkan kebutuhan Bahasa Jepang yang penting di tengah masyarakat Indonesia. Selain itu, memiliki kemampuan bahasa Jepang juga bisa menjadi nilai tambah atau daya jual yang bisa kamu tunjukkan jika kamu ingin bekerja di perusahaan Jepang. 

Bahasa Jepang Itu, Menyenangkan!

Wanita Jepang

Belajar Bahasa Jepang menyenangkan. Apalagi ketika bertemu hyougen (expression) yang didengar maupun diucapkan terdengar menarik seperti ganbatte namun di daerah Tohoku Jepang ada yang bilang ganbappe. Belum lagi mendengar bahasa-bahasa yang sering digunakan anak-anak muda, atau bahasa-bahasa formal yang digunakan dalam situasi resmi. Ada banyak pengalaman yang bisa diraih dengan mempelajari bahasa Jepang. Kamu juga membentuk komunitas pecinta bahasa Jepang dan membuat pertemanan baru dengan orang Indonesia sesama pecinta bahasa Jepang atau bahkan dengan orang Jepang itu sendiri. Buat kamu yang menyukai budaya populer juga pasti sangat setuju bahwa bahasa Jepang itu menyenangkan, karena kamu bisa belajar dari hal-hal yang kamu minati seperti anime, musik atau film Jepang kesukaan kamu. 

Jadi, masih ragu untuk belajar bahasa Jepang dari sekarang? Semoga alasan-alasan yang sudah dijabarkan diatas dapat menguatkan niat dan keinginan kamu untuk belajar, memperdalam dan menguasai bahasa Jepang ya? 

Tagged in:
Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait