Kawaii Beauty Japan

Health

Cara Senam Kegel dan Manfaat Luar Biasa yang Akan Kamu Dapatkan

Apakah kamu tahu apa itu senam kegel? Senam ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan dalam kondisi apapun! Intip cara senam kegel serta manfaatnya di sini, yuk!

Hikma Adriani

Apakah kamu pernah mendengar soal senam kegel, ladies? Senam kegel merupakan senam yang dapat membantumu menguatkan otot-otot dasar panggul. Otot-otot inilah yang menopang rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum. Senam kegel dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, baik pria ataupun wanita. Wanita dalam kondisi hamil ataupun setelah melahirkan juga bisa melakunannya! Selain itu, para ibu rumah tangga juga disarankan untuk melakukan senam kegel agar bisa semakin romantis dengan suami.

Dulu senam kegel sempat populer dengan arahan jepit-lepas, kontrak-rilis. Jepit berarti menahan otot panggul, sedangkan lepas berarti melepaskan seteah beberapa detik menahan otot tersebut.

Manfaat Senam Kegel

Nah ladies, ada banyak sekali manfaat senam kegel yang bisa kamu dapatkan dengan rajin melakukannya, diantaranya adalah:

  1. Mencegah mengompol saat kamu batuk maupun bersin,
  2. Mencegah timbulnya wasir atau mengompol yang sering dialami ibu hamil,
  3. Dapat mengondisikan otot-otot di sekitar panggul lebih mudah menjalankan fungsinya saat melahirkan lewat persalinan normal,
  4. Membantu membuat hubungan suami istri lebih harmonis.

Cara Senam Kegel

Sebelum memulai senam kegel, kamu harus mengetahui dengan benar otot mana yang dilatih untuk ditahan dan dilepaskan. Untuk memastikannya, cobalah hentikan aliran urin ketika kamu sedang buang air kecil atau berkemih. Jika kamu berhasil melakukannya maka kamu sudah menguasai gerakan dasarnya. 

Cara senam kegel adalah dengan melakukan gerakan mengerutkan otot selama 5 detik, kemudian mengendurkannya selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 4-5 kali. Untuk tahapan lanjutan, kamu dapat meningkatkan menahan otot selama 10 detik, dan melepaskannya juga selama 10 detik.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya kamu tetap fokus pada otot panggul saja. Jangan jangan menegangkan otot-otot di daerah perut, paha dan lainnya.

Waktu Terbaik Melakukan Senam Kegel

Kamu dapat melakukan senam kegel kapan saja dan dimana saja. Tidak harus pada ruangan tertentu, bahkan saat naik mobil kamu masih bisa melakukan senam kegel. Setidaknya lakukan 3 set latihan setiap hari dengan pengulangan hingga 10 kali pada setiap set.

Mudah bukan? Yuk, coba cara senam kegel ini secara rutin dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba, ladies!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait