Kawaii Beauty Japan

Diet

Cara Melakukan Diet Kentang untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan kentang? Tentu saja bisa!

Hikma Adriani

Diet bukan berarti kamu harus melupakan makanan enak. Kamu tetap bisa melahap makanan enak tapi sehat dengan cara yang benar. Tidak hanya itu, kentang juga merupakan salah satu makanan enak yang menyehatkan. Selain itu, kentang juga tentunya dapat membantu menurunkan berat badan lho, ladies! 

Salah satu mitos diet menyebutkan bahwa kentang dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal sebenarnya, membuat tubuh menjadi gemuk atau tidak tergantung dari cara pengolahannya. Apabila kamu menggoreng kentang dengan merendamnya dalam minyak, tentu saja timbunan lemak dalam tubuh semakin banyak.

Namun jika kamu mengolah kentang dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus maka kentang akan menjadi sumber karbohidrat yang sehat.

Manfaat Kentang Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Kentang memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin B6, serat yang tinggi, serta karbohidat pengganti nasi. Berikut ini adalah manfaat kandungan kentang yang dapat membantu menurunkan berat badan diantaranya:

1. Menahan Lapar

Kandungan karbohidrat dan air yang terdapat dalam kentang membantu kamu menahan rasa lapar. Kamu dapat mengolah kentang dengan cara dipanggang agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi dari pada digoreng. 

2. Menghilangkan Lemak

Diet kentang panggang dapat menurunkan berat badan dengan menyerap lemak dan mengeluarkannya lewat kotoran.

3. Menambah Energi

Tahukah kamu bahwa kentang dapat memberikan energi lebih banyak daripada sayuran lainnya? Kamu dapat menggunakan energi yang kamu peroleh dari kentang ini untuk beraktivitas sehari-hari atau untuk berolahraga.

4. Mengandung Kalori yang Tinggi

Kalori yang tinggi dalam kentang dapat membuat kamu tidak ingin ngemil atau mengonsumsi makanan lain. Hal ini terjadi karena pati atau daging kentang telah memenuhi perut.

5. Kaya Vitamin dan Serat

Vitamin juga dibutuhkan dalam proses penurunan berat badan. Kentang mengandung vitamin C dan B6 untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Kentang juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

Resep Diet Kentang

Diet kentang untuk menurunkan berat badan

Kamu bisa coba beberapa resep diet kentang ini untuk membantu menurunkan berat badan:

  1. Resep 1 - Ambil beberapa kentang kemudian bersihkan dan potong kentang dengan ukuran kecil. Panggang potongan kecil kentang tersebut dalam oven hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Konsumsilah dengan tanpa tambahan bumbu apapun.

  2. Resep 2 - Panggang 4-6 kentang ukuran sedang dengan minyak zaitun dan sedikit garam. 

  3. Resep 3 - Ambil 3 kentang yang sudah direbus kemudian hancurkan menggunakan sendok makan. Setelah itu panggang kentang rebus tersebut dengan tambahan jahe dan bawang putih. Kedua rempah tersebut dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Iringi resep diet kentang tersebut dengan mengonsumsi yogurt dan air mineral secukupnya. Lakukanlah dengan rutin selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, hindarilah makanan yang mengandung gula agar dietmu berhasil.

Selamat mencoba diet kentang ini, ladies!

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait