Kawaii Beauty Japan

Diet

Bolehkah Makan Saat Lapar di Tengah Malam? Ini Jawabannya!

Kalau makan takut gemuk, gak makan malah tersiksa karena lapar. Jadi, apa solusinya?

Melisa

 

Rasa lapar ketika tengah malam mungkin kerap mengganggumu saat sedang menyelesaikan pekerjaan atau saat bergegas tidur. Kamu pun jadi bingung, apakah kamu harus menuntaskan rasa lapar dengan cara makan atau lebih baik langsung tidur saja. Sayangnya, rasa lapar tersebut malah menyiksamu dan membuatmu jadi susah tidur.

Fakta Tentang Makan Saat Tengah Malam

Ada sebuah penelitian tentang obesitas yang dilakukan pada tahun 2009. Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan pada jam tidur mengalami kenaikan berat badan yang signifikan jika dibandingkan dengan orang yang hanya makan pada jam normal.

Waktu yang Ideal untuk Makan

Pada umumnya, orang akan makan 3 kali sehari setiap hari. Namun ketika kamu makan malam jam 8 sedangkan kamu masih terus beraktivitas hingga jam 2 dini hari, biasanya perutmu akan terasa lapar menjelang tengah malam. Sehingga kamu memilih untuk memakan camilan demi menangkal lapar. 

Sebenarnya, waktu yang ideal untuk makan di malam hari adalah minimal 2 jam sebelum tidur. Jadi, misalnya kamu akan tidur jam 2 dini hari maka sebaiknya kamu tidak lagi mengonsumsi makanan sejak jam 12 malam. Mengonsumsi makanan sesaat sebelum tidur hanya akan membuat tubuhmu kelelahan. Karena ketika tidur tubuh tetap harus bekerja ekstra untuk mengolah makanan yang baru kamu makan.

Ketika kamu mengonsumsi banyak makanan menjelang tidur, maka energi di tubuhmu akan habis untuk mencerna makanan tersebut. Aktivitas bangun di pagi hari pun akan terasa melelahkan dan kamu juga bisa merasa sangat lapar.

Jadi Apakah Makan Saat Tengah Malam Diperbolehkan?

Sebenarnya diperbolehkan makan saat tengah malam, namun makanan apa yang dimakan, berapa banyak dan seberapa berat aktivitas pada hari itulah yang menjadi masalah. Jadi jika kamu merasa lapar di tengah malam, cobalah untuk meminum segelas air. Karena minum air bisa membantumu mengidentifikasi apakah kamu benar-benar lapar atau sekadar ingin memakan sesuatu. Bila ternyata kamu benar-benar lapar, pilihlah makanan yang bergizi dan makanlah dalam porsi kecil.

Pilihan makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat tengah malam cukup beragam kok. Kamu bisa mengonsumsi kacang panggang, minum susu, aneka jenis sayuran, buah-buahan, sereal dari gandum utuh dan susu atau sepotong sandwich yang dilengkapi selai kacang.

Jika kamu bisa mengontrol keinginan makan dengan baik menjelang tengah malam, niscaya kamu tidak sering merasa lapar dan kalap untuk makan camilan yang tinggi kalori lho. Dengan belajar mengendalikan nafsu makan, tubuh yang sehat dan proporsional tidak akan impian belaka.

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait