Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Hati-hati Bahaya Krim Pemutih Wajah!

Kulit putih merupaka idaman banyak wanita, hingga rela melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkanya, sampai memakai krim pemutih wajah yang belum diketahui kandungan dan khasiatnya

Hikma Adriani

Memiiliki kulit putih dan bersih merupakan idaman setiap wanita. Berbagai macam cara dilakukan untuk membuat kulit menjadi lebih putih, seperti perawatan di salon, menggunakan masker alami, bahkan para wanita ini rela mengeluarkan kocek yang cukup fantastis untuk membeli krim pemutih wajah atau bahkan suntik putih.

Dengan semakin banyaknya wanita yang mendambakan kulit putih, semakin banyak juga krim pemutih wajah yang beredar di pasaran. Namun krim pemutih wajah yang dijual bebas dipasaran belum tentu aman untuk kulitmu! Yakinkan betul bahwa produk pemutih kulit yang kamu gunakan benar-benar berkhasiat dan aman. Sebagai wanita yang cerdas, kamu perlu mengetahui apa saja bahaya dari produk-produk pemutih yang beredar di pasaran saat ini.

1. Krim Pemutih Wajah Mengandung Banyak Zat Kmia

Tidak ada satupun produk pemutih yang bebas resiko. Dalam produk pemutih terkandung zat yang disebut sebagai Hidrokuinon. Efek samping dari zat kimia tersebut apabila digunakan dalam jangka panjang akan membuat kulit menjadi kemerahan, kusam ataupun memicu sel kanker pada kulit. Memang pada awalnya dapat membuat kulit kamu menjadi putih dan bersih tetapi perhatikan juga bahaya serta efek sampingnya di kemudian hari. 

2. Krim Pemutih Wajah Tidak Memberikan Hasil yang Permanen

Perlu diketahui bahwa krim pemutih wajah yang kamu pakai tidak akan membuat kulit kamu putih selamanya. Kulit akan kembali seperti semula jika kamu berhenti menggunakan produk tersebut. Selain itu hasil dari produk pemutih itu tidak akan membuat kulit menjadi lebih putih dari kulit bagaian dalam tubuh yang tertutup.

3. Krim Pemutih Wajah Menjadikanmu Ketergantungan

Memang pada awalnya produk pemutih dapat membuat kulit kamu menjadi lebih putih dan bersinar. Hasil yang cepat membuat ini membuat pemakai menggunakan produk tersebut terus menerus. Sehingga akan membuat ketergantungan bagi si pemakai apabila berhenti menggunakan produk pemutih. Ingat produk pemutih tidak membuat kamu menjadi putih permanen !

4. Krim Pemutih Wajah Membuat Kulit Jadi Sensitif

Cara kerja produk pemutih kulit yaitu mengurangi produksi melanin. Dengan berkurangnya produksi melanin akan membuat kulit menjadi lebih putih. Namun dengan berkurangnya produksi melanin pada kulit akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari lho ladies.

Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan menyebabkan penuaan dini ataupun kanker kulit. Dengan dengan berkurangnya melanin, kulit kita tidak memiliki pertahanan yang baik terhadap sinar ultarviolet. Ultraviolet merupakan salah satu faktor terjadinya keriputan, flek hitam dan kanker kulit.

5. Krim Pemutih Wajah Membuat Lapisan Kulit Menipis

Dalam produk pemutih terdapat steroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit. Tetapi jika pemakaian dilakukan secara berlebih, hal ini membuat lampisan kulit menjadi tipis dan mudah terluka. Efek samping steroid yang masuk ke dalam pembuluh darah dapat memperlambat penyembuhan luka dan membuat kulit wajah lebih mudah berjerawat.

Sekarang kamu tahu kan bahaya dari produk pemutih kulit. Jadi sebelum menggunakan produk tersebut ada baiknya kamu mengetahui detail kandungan yang ada dan lihat apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM. 

 

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait