Kawaii Beauty Japan

Makeup

7 Penyebab Bibir Hitam Ini Perlu Kamu Tahu

Bukan hanya karena penggunaan lipstik saja lho, ladies!

Hikma Adriani

Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang menarik bagi setiap wanita. Warna yang merah alami pada bibir tentu menjadi daya tarik tersendiri dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tanpa perlu menggunakan lipstik, bibir yang sehat dan cerah tentu sudah terlihat cantik secara alami. Sayangnya, banyak hal yang membuat bibirmu menjadi hitam tanpa kamu sadari.

Bibir yang hitam tentunya akan membuat kamu tidak percaya diri tampil tanpa menggnakan lipstik andalanmu. Di sisi lain, menggunakan lipstik terus-terusan akan membuat bibir kamu menjadi semakin menghitam. Sebenarnya, apa sajakah penyebab bibir hitam? Yuk, simak!

7 Penyebab Bibir Hitam Ini Perlu Kamu Tahu

Ketahui terlebih dulu penyebabnya agar kamu bisa segera mengatasinya dengan tepat, ladies!

1. Merokok

Merokok

Merokok adalah penyebab bibir hitam yang paling terkenal. Tidak hanya membuat bibir menjadi kusam dan gelap, merokok bisa membuat plak pada gigi dan menyebabkan warna kuning pada gigi. Rokok mengandung nikotin yang tinggi, yang mana dalam waktu yang lama, nikotin mampu mempengaruhi warna bibir dan membuatnya pecah-pecah serta menghitam. Jadi, jika kamu masih punya kebiasaan merokok, kurangi dan hilangkan kebiasaan tersebut jika ingin memiliki bibir yang indah.

2. Sisa Lipstik

Lipstick

Kamu punya kebiasaan malas menghapus make up sebelum tidur? Hati-hati selain bisa merusak kulit, sisa make up atau lipstik juga dapat merubah warna pada bibir. Kulit bibir yang sensitif akan lebih cepat berwarna gelap dan menghitam karena terlalu lama terkena bahan kimia pada lipstik.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari visa merusak kulit tak terkecuali kulit pada bibir yang sensitive. Sinar matahari dapat mengurangi kelembaban alami pada kulit bibir. Tanpa kelembaban bibir yang terjaga maka akan menimbulkan bibir pecah-pecah dan juga membuat bibir mejadi hitam. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memakai lip balm dengan kandungan SPF saat berada di luar ruangan agar tetap memiliki bibir berwarna cerah merona.

4. Diet

Diet

Diet tidak akan menimbulkan masalah jika kamu pintar untuk mengatur menu diet sehatmu yang kandungannya memang sangat dibutuhkan tubuh. Diet yang salah jika kamu makan dengan jumlah yang sedikit bisa mengganggu kulit bibir. Kurangnya asupan vitamin C dapat membuat warna cerah alami pada bibir memudar dan berubah menajdi kusam. Oleh karena itu, tetaplah mengonsumsi banyak buah dan sayuran saat kamu sedang diet.

5. Dehidrasi

Minum air putih

Kurangnya konsumsi air tentunya menyebabkan kelembaban alami pada bibir berkurang. Bibir yang tidak lembab atau pecah-pecah tentu tidak memiliki tampilan yang cantik. Bibir pecah-pecah akan terlihat kusam dan bisa menimbulkan luka sehingga bibir menjadi lebih gelap. Yuk banyak konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait