Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

7 Jenis Vegetarian dan Manfaatnya untuk Kelangsungan Hidup Manusia

Kenali 7 jenis vegetarian dan manfaatnya untuk kehidupan manusia berikut ini, ladies!

Wikan Saputri

Secara umum, kita mengenal vegetarian sebagai sebuah pola makan dengan menu yang berbasis pada tumbuhan dan tidak mengonsumsi daging hewan. Hal ini kembali menjadi tren gaya hidup akhir-akhir ini. Sebagian dari mereka tidak hanya menghindari konsumsi daging hewan, tapi juga menolak untuk menggunakan kosmetik berbahan dasar hewan, ataupun produk fashion yang menggunakan kulit atau bagian tubuh lain dari hewan sebagai bahan bakunya. Hal ini sangat terkait dengan isu kerusakan lingkungan dan kekejaman pada hewan yang kembali marak akhir-akhir ini. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan diulas secara lengkap tentang jenis vegetarian dan manfaatnya untuk kelangsungan hidup manusia. Mengapa demikian? Yuk, kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

7 Jenis Vegetarian

Meskipun pada umumnya kita hanya mengetahui bahwa diet vegetarian hanya memiliki pengertian tentang pola makan yang berbasis tumbuh-tumbuhan, tapi ternyata vegetarian juga memiliki jenis yang beraneka macam lho, ladies!

  • Lacto vegetarian: Tidak mengonsumsi semua produk dari hewan.
  • Ovo vegetarian: Hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan telur.
  • Lacto-ovo vegetarian: Hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan, telur, dan susu.
  • Vegan: Sama sekali tidak menyentuh produk hewani, dalam artian mereka juga menghindari kosmetik dan produk fashion yang menggunakan bahan dari hewan.
  • Frutarian: Hanya mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, dan tumbuhan lain yang saat dipanen tidak merusak tumbuhan tersebut sebagai pokok penghasil pangannya.
  • Raw foodist: Hanya mengonsumsi tanaman-tanaman mentah, atau hanya mengolahnya dalam suhu yang tidak boleh lebih dari 46 derajat celcius.
  • Flexitarian: Jenis Vegetarian yang paling rendah kedudukannya karena selain mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan menghindari konsumsi produk hewani, namun terkadang mereka juga mengonsumsi daging unggas, ikan, dan sapi.

Mengapa Vegetarian Berkaitan dengan Kelangsungan Hidup Manusia?

Pertanyaan di atas dapat dijawab dengan 3 macam sudut pandang yang saling berkaitan satu sama lain. 3 sudut pandang tersebut, yaitu:

  • Dari segi kesehatan, menurut penelitian 10 tahun terakhir, semakin banyak bukti yang menyatakan bahwa diet vegetarian sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebaliknya, banyak penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi daging hewan dengan porsi tertentu dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit berbahaya. Maka dari itu banyak badan gizi dan kesehatan dunia yang menganjurkan untuk menerapkan diet vegetarian ini, ladies!
  • Dari segi kelestarian lingkungan, menurut fakta lapangan yang ditemukan oleh para peneliti, dengan menerapkan diet vegetarian maka kamu secara langsung bisa berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan karena diet vegetarian dapat menghemat sumber daya alam dan lingkungan. Bahkan sebagian ahli mengatakan bahwa menerapkan diet vegetarian juga merupakan cara terbaik untuk melawan global warming lho, ladies!
  • Dari segi etika atau moral, penerapan diet vegetarian ini sangat erat kaitannya dengan issue krisis pangan yang terjadi di beberapa daerah di dunia akhir-akhir ini akibat konsumsi daging yang mengakibatkan efek domino pada kesenjangan sosial ekonomi di beberapa negara yang diakibatkan oleh kerusakan alam akibat konsumsi daging yang terus meningkat.

Nah, itulah 7 jenis vegetarian dan alasan mengapa diet vegetarian ini berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia di masa depan. Karena jika alam telah rusak dan tercemar, maka di mana lagi kita bisa berlindung?

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy