Kawaii Beauty Japan

Makeup

7 Cara Menggunakan Make up dengan Tepat untuk Kulit Wajah Kering

Ingin menutupi kulitmu yang kering dan mengelupas dengan makeup? Baca dulu tips yang satu ini agar foundation dan makeup-mu benar-benar memperhalus wajahmu, bukan justru membuatnya semakin kasar.

Santi Berlinawati

Tahukah kamu bahwa memiliki kulit kering bisa membuat wajahmu menjadi lebih cepat tua? Hal ini karena minyak pada wajah sedikit sehingga membuat wajah menjadi lebih cepat mengalami penuaan. Memiliki kulit yang kering juga memiliki sisi positif, seperti make up menjadi tidak mudah luntur seperti ketika memiliki kulit berminyak.

Kulit kering yang memiliki kelembapan kulit bisa menjadi kering dan mengelupas. Mengaplikasikan make up pada kondisi kulit seperti ini tidaklah mudah. Kalau tidak hati-hati, make up jadi gampang pecah dan mengelupas. Kulit pun tidak akan terlihat halus meski sudah memakai foundation. Lalu, bagaimana sih cara yang tepat memakai make up jika kulit kita kering? Ini dia langkah-langkahnya.

7 Cara Menggunakan Make up dengan Tepat untuk Kulit Wajah Kering

Jangan sampai wajahmu menjadi rusak, karena salah memerlakukan wajahmu ya, ladies!

1. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi

Awali rutinitas makeup-mu dengan melakukan eksfoliasi ringan. Gunakan exfoliating cleanser yang memiliki tekstur creamy untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit agar kulit lebih halus. Selain itu, permukaan kulit yang bersih juga akan membuat makeup yang kamu pakai dapat menempel lebih lama di wajahmu.

2. Gunakan Serum yang Cepat Meresap

Serum

Usai melakukan eksfoliasi, gunakanlah serum atau oil yang mudah diserap kulit sebagai ganti moisturizer. Cara ini akan mempercepat proses hidrasi kulit sehingga kulit pun akan lebih lembut dan lembab dalam sekejap. Moisturizer biasa memerlukan waktu lebih lama untuk bekerja.

3. Pakai Primer

Primer

Salah satu langkah yang tidak boleh kamu tinggalkan agar makeup-mu flawless adalah menggunakan primer. Tekstur primer yang creamy akan menjaga kulit agar tetap lembab. Selain itu, primer juga akan menutupi pori-pori wajah yang melebar serta noda-noda lainnya. Wajah pun akan semakin mulus.

4. Pilih Foundation Creamy

Foundation

Kulit kering sudah tentu sangat membutuhkan nutrisi. Jenis makeup yang paling tepat untuk kulit jenis ini adalah produk-produk liquid, light, dan creamy. Produk-produk yang berat dan cakey sangat riskan menyebabkan iritasi dan merusak makeup cantikmu.

Pilihlah foundation lightweight atau ringan dan creamy, dan aplikasikan menggunakan foundation brush dari bahan sintetis karena biasanya bahan ini lembut dan tidak menyebabkan kulit mengelupas. Setelah itu, ambil beauty blender dan basahi sedikit. Tekan-tekan lembut pada wajahmu untuk menghasilkan efek alami dan dewy pada kulit wajah.

5. Pilih Blush on dan Eyeshadow Creamy

Eyeshadow

Hal yang sama juga berlaku untuk blush on. Pilihlah produk blush on dengan formula compact yang creamy atau liquid stain untuk menambah kelembaban kulitmu yang kering. Melalui cara ini, make up-mu tidak akan gampang pecah. Lebih baik hindarilah produk berbentuk powder karena dapat memperjelas garis-garis halus serta keriput di wajah.

Seperti halnya dengan foundation, hindari menggunakan jari untuk mengaplikasikan produk tersebut. Gunakanlah blush brush atau eyeshadow brush yang lembut agar kulitmu yang kering agar tidak mengelupas.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait