Kawaii Beauty Japan

Skin Care

7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Tanpa Menggunakan Makeup

Polusi dan paparan sinar matahari bisa membuat wajah kamu menjadi lebih kusam lho, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Perawatan wajah bagi wanita adalah hal yang penting. Sangat penting bagi kamu untuk selalu membersihkan wajah agar wajah selalu terbebas dari kotoran polusi, sisa-sisa makeup, maupun minyak yang ada di wajah. Kotoran-kotoran tersebut jika dibiarkan bisa menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan komedo dan jerawat. Perawatan wajah yang dilakukan tidak hanya dengan menggunakan makeup saja lho, dari dalam tubuh juga penting. Makanan dan minuman juga perlu kamu jaga agar wajah bisa membuat wajah kamu menjadi lebih cerah.

7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Tanpa Menggunakan Makeup

Coba kamu lakukan cara ini agar bisa membuat wajah kamu menjadi lebih cerah. Yuk, simak!

1. Eksfoliasi

Cara mencerahkan kulit wajah dengan eksfoliasi

Jaga kelembapan kulit kamu dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi pada wajah dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati kamu sehingga menjadi lebih bersih. Namun, jangan lakukan eksfoliasi setiap hari ya, karena akan mengangkat kelembapan pada wajah kamu dan bisa membuat kulit menjadi iritasi. Jadi, coba lakukan ini setiap dua hari sekali untuk bisa mencerahkan kulit wajah kamu.

2. Makan Makanan yang Mengandung Beta-Carotene

Mengonsumsi makanan yang bisa mencerahkan kulit wajah

Makanan yang mengandung beta carotene dapat membuat kulit kamu menjadi lebih cerah dari dalam. Makanan yang mengandung beta carotene antara lain seperti ubi manis, wortel, sayur bayam, selada, maupun labu untuk membuat kulit kamu menjadi lebih cerah.

3. Menggunakan Perhiasan Emas

Perhiasan emas

Menggunakan perhiasan emas ataupun perhiasan yang merupakan warna bronze dapat membuat warna kulit kamu menjadi lebih cerah lho.

4. Melakukan Pijat pada Wajah Kamu

Pijat pada kulit wajah

Wajah kamu perlu dipijat untuk bisa tetap kenyal dan kencang. Pijatan lembut pada wajah dapat membuat wajah kamu menjadi lebih cerah. Peredaran kamu bisa menjadi lebih lancar jika kamu melakukan pijatan ini dengan rutin. Jangan lupa kemudian mengaplikasikan moisturizer untuk semakin menambah cerahnya kulit kamu.

5. Minum Jus

Cleansing juice

Cleansing juice adalah minuman yang bagus untuk kamu untuk mengeluarkan racun dari tubuh kamu. Tambahkan sayur-sayuran hijau untuk membuat kulit agar menyerap nutrisi yang ada pada jus tersebut dan mengeluarkan racun-racun yang ada pada tubuh dengan cepat.

6. Berolahraga

Berolahraga untuk membuat kulit wajah menjadi cerah

Kebiasaan kamu sehari-hari juga ikut berkontribusi dengan kesehatan kulit kamu. Kebiasaan yang baik seperti olahraga dapat membawa oksigen dan nutrisi ke dalam peredaran darah sehingga membuat wajah kamu menjadi lebih cerah dan mengeluarkan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

7. Hindari Membawa Racun ke Tubuh

Merokok

Kebiasaans seperti merokok, minum alkohol, dan sering makan makanan manis dapat membuat wajah dan kulit tubuh kamu menjadi kusam. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan lembut.

Nah, itu dia cara mencerahkan wajah tanpa perlu menggunakan makeup yang bisa kamu lakukan, ladies. Tidak sulit bukan?

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait