Kawaii Beauty Japan

Makeup

7 Cara Melentikkan Bulu Mata dengan Efektif

Memiliki bulu mata lurus adalah hal yang umum bagi wanita Asia. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mendambakan bulu mata lentik. Simak tipsnya untuk menjadikan bulu mata lurus menjadi lebih lentik.

Santi Berlinawati

Bulu mata yang lurus biasanya terjadi karena kurangnya lipatan pada kelopak mata. Monolid atau kelopak mata yang tidak memiliki garis, membuat bulu mata tumbuh lurus ke arah bawah. Ditambah lagi, kelopak mata menutupi bagian dasar bulu mata sehingga bulu mata terlihat semakin pendek. Untuk melawannya, kamu memerlukan tips yang tepat agar bulu matamu lebih lentik dari waktu ke waktu. Yuk simak cara melentikkan bulu mata dengan efektif.

Lentikkan Bulu Matamu Setiap Hari dengan Penjepit Bulu Mata

Melentikkan bulu mata

Memang terdengar berlebihan, namun dengan menjepit bulu mata setiap hari, kamu seperti melatihnya untuk menjadi lentik. Pada awalnya, bulu mata mungkin agak bandel dan tidak mau melengkung. Jadi, tahanlah lebih lama ketika menjepit pada awal-awal minggu. Jangan risau karena setelah itu kamu akan melihat perbedaannya. Bulu matamu akan semakin lentik dan mudah diarahkan.

Gunakan Alat Yang Bagus

Eyelash curler

Sumber: Tina's Dresser Matte Lash Curler

Kalau kamu ingin menjepit bulu matamu yang lurus dengan lebih mudah, gunakanlah alat yang bagus. Misalnya saja Tina's Dresser Matte Lash Curler yang lebih lebar dan tidak terlalu melengkung, sehingga lebih cocok untuk wanita Asia yang rata-rata memiliki monolid. Seluruh bagian bulu matamu pun akan bisa dijangkau.

Hindari Bentuk “L”

Menghindari penjepit bulu mata bentuk L

Pastikan membentuk bulu matamu menjadi lengkungan, bukan huruf “L” yang kaku. Caranya, angkat dagumu di depan cermin sehingga kamu bisa melihat bulu matamu. Mulailah dari bagian dasar bulu mata. Ingat, jangan mengangkat penjepitmu karena bulu matamu akan tercabut. Tahan selama 10 detik, dan lakukan dengan lembut. Setelah itu, lanjutkan ke bagian tengah bulu mata, kali ini tahan 5 detik saja. Lakukan hal yang sama di bagian ujung, dengan menahannya lebih cepat. Kamu harus menjepit bulu matamu dengan urutan seperti itu, karena bagian dasar bulu mata akan mengangkat bulu matamu dan jepitan di bagian tengah akan membuatnya melengkung. Jepitan terakhir membuatnya semakin lentik.  

Ganti Karet Penjepit Bulu Mata dengan Teratur 

Menganti karet penjepit bulu maya

Kalau kamu melihat ada garis pada karet penjepit bulu matamu, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Hal ini sangat penting karena kalau tidak, bulu matamu bisa patah. Idealnya, ganti karet tersebut tiga bulan sekali.

Pakai Maskara

Menggunakan maskara

Usai menjepit bulu mata, segeralah memakai maskara karena bulu mata akan kembali ke bentuk semula. Maskara berfungsi seperti pengunci, yang memberikan berat dan membuatnya terangkat. Kamu juga bisa menggunakan mascara base, yang akan mempertahankan kelentikan bulu matamu serta membuatnya lebih tebal. Pilih mascara base yang tidak terlalu berat dan tebal.

Pilih Maskara Waterproof

Maskara waterproof

Sumber: CANMAKE GOKUBUTO Mascara

Hal yang sering dikeluhkan wanita dengan bulu mata lurus adalah maskara mereka sering kesulitan dalam mengaplikasikan maskara dan mengotori kelopak mata. Solusinya? Pilihlah maskara waterproof. Salah satu keuntungannya adalah maskara ini memiliki formula yang lebih ringan dan lebih cepat kering, sehingga bentuk bulu mata yang sudah kamu lentikkan tidak akan banyak berubah.

Gunakan Penjepit Setelah Maskara

Menggunakan penjepit bulu mata setelah maskara

Jika cara-cara di atas belum juga berhasil, kamu masih bisa menjepitnya setelah memakai maskara meskipun cara ini lebih beresiko. Kalau kamu tidak berhati-hati, penjepitmu bisa tersangkut di bulu matamu dan membuatnya rontok. Oleh karenanya, pastikan maskaramu sudah benar-benar kering dan tidak lengket sebelum menjepitnya dengan perlahan dan hati-hati.  

Nah, itu dia ladies cara melentikkan bulu mata secara efektif. Bulu mata lurusmu pun menjadi semakin lentik dan cantik. Selamat mencobanya, ladies.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait